Selasa, 08 Januari 2013

Jalan–jalan ke Turki


jembatan yang melintasi selat Bosphorus
Istanbul adalah pintu masuk hampir seluruh turis Indonesia untuk memulai perjalanan wisata di Turki. Bahkan sebagian program ibadah umroh menyertakan wisata ke Istanbul ke dalam salah satu programnya dan umumnya mengunjungi Grand Bazaar, museum Aya Sofia alias Hagia Sophia, mesjid biru alias Grand Mosque, Topkapi Palace dan Bosphorus cruise.

Ada yang mencengangkan saat tiba di Kemal Attaturk Airport dan menunggu tour leader membeli visa on arrival. Sepengetahuan saya, berbagai negara maju di dunia umumnya memperoleh kemudahan masuk ke suatu Negara alias mendapatkan free entry visa yang mengijinkan mereka melakukan kunjungan antara 30–90 hari. Namun di Turki, berbagai negara maju seperti USA, United Kingdom, Canada, Australia, Negara–Negara Timur Tengah dan beberapa Negara yang tergabung dalam Schengen countries, yaitu Spain, Portugal, Belgium dan Hungary masih diwajibkan mendapatkan visa (on arrival) dulu. Indonesia ……? So pasti wajib punya visa. Rasanya baru di Asia Tenggara dan Hong Kong saja penduduk Indonesia bisa masuk secara bebas. Itupun hanya diberi waktu antara 7 – 14 hari saja. Konon kabarnya, Indonesia akan memperoleh free entry visa ke Negara yang tergabung dalam Schengen countries. Cuma, andai hal ini benar–benar terjadi, rasanya pemerintah Indonesia mesti hati – hati, karena cadangan devisa Indonesia bisa tergerus oleh “kekalapan” para pengejar branded items berbelanja di Eropa….
Interior of Hagia Sophia

Wah…, ngelantur jauh ya…, ayo ah balik ke topik semula!

Nah…, jadi begitu ketemu Burhan sang local tour guide, maka kami langsung digiring menuju dermaga untuk mengikuti Bosphorus cruise.

Hari masih sangat terang, saat kami naik ke kapal yang sepertinya khusus dipesan untuk rombongan dari Golden Rama yang sekarang berjumlah 31 orang ditambah dengan Burhan dan Mustafa sang supir.

Kapalnya bersih. Yang berminat mengambil foto bangunan di sepanjang selat Bosphorus yang membelah Istanbul menjadi dua, bisa mengambil tempat di atas. Sementara yang masih kaget dengan perubahan cuaca dari Abu Dhabi serta kurang berkenan dengan angin dingin bisa ambil tempat di dek sambil nyruput kopi atau chay alias teh. Cukup 1 TL alias Turkish Lira, maka teh kental yang panas dan disajikan dalam gelas yang unik bisa menemani perjalanan cruise tersebut.

Grand Bazaar … pasar utama di tengah kota Istanbul yang konon sudah beroperasi sejak jaman dinasti Ottoman, menjadi pemuas mata para pencinta barang kerajinan lokal. Burhan sudah wanti–wanti bahwa harga di Bazaar lebih mahal dari harga kerajinan di kota – kota lainnya, sementara kualitas barangnya kurang terjamin. 

Basilica St John
Belanja di Bazaar dan ternyata di seluruh pelosok Turki, harus nekad dan berani melakukan tawar menawar. Cara berdagangnya mirip dengan orang Arab… Enggan melepaskan pembeli yang sudah “terperangkap” dalam jeratnya. Nah kalau sudah begitu, maka jangan sungkan untuk menawar, bahkan dengan angka yang tidak masuk akal sekalipun. Saya sempat mendapat sebuah Pashmina yang sebelumnya ditawarkan dengan harga 75TL menjadi hanya 15TL saja.

Penjelasan Burhan langsung menurunkan minat saya menambah koleksi souvenir berbagai Negara, jadi kami berempat hanya duduk di café minum chay dan kopte alias Turkish coffee sambil makan kestane.

Kestane dalam bahasa Turki, atau kastanya, chestnut atau di Perancis dikenal sebagai marron adalah biji–bijian yang dibakar di atas penggorengan/api. Cemilan khas Negara 4 musim dan hanya dijual pada musim dingin saja. Ini pula yang menjadi nostalgia masa–masa tinggal di Poitiers dan Stains yang kemudian senantiasa menemani dalam setiap perjalanan musim dingin …

Setelah selat Bosphorus dan the Grand Bazaar dijelajahi, lanjut kemana perjalanan kita ya?

Oh iya…. Canakkale ….
 Sebelum berangkat ke Canakkale, kami mengunjungi Blue Mosque, Hippodrome, Hagia Sophia dan Topkapi Palace dulu, lalu makan siang di Tamara Restaurant, baru berangkat menuju Canakkale dengan bus.

Interior Mesjid Biru - Istanbul
Apa yang ada di Canakkale? Sudah diceritakan sebelumnya kan? Nah….., setelah melihat kota Troy dengan legenda kuda Troya nya, kami kemudian menyusuri berbagai peninggalan berupa kota–kota kuno antara lain Ephesus yang ternyata dibangun hingga sembilan kali, karena seringkali dihancurkan baik karena peperangan maupun bencana, namun yang masih tertata dan bisa dinikmati dengan baik adalah bangunan–bangunan di Ephesus pada era ke 3.

Apa yang kita lihat di Turki?
Turki sebagaimana kota – kota di wilayah mediteranian seperti Italy Selatan, Yunani, wilayah Timur Tengah, sarat dengan peninggalan dari jaman ribuan tahun sebelum Masehi. Selain Ephesus kita juga melihat kota Hierapolis yang dibangun di atas cotton castle yang terkenal  di Pamukkale.

Topkapi Palace
Pamukkale, berarti "benteng kapas" dalam bahasa Turki, adalah sebuah situs alam di Provinsi Denizli di barat daya Turki. Kota ini berisi air panas dan batuan travertine, dan berbentuk teras yang terjadi akibat mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir.

Travertine sendiri di Indonesia lebih dikenal sebagai salah satu jenis marmer yang sifatnya porous sehingga untuk menampilkan permukaan yang halus seringkali diisi oleh semacam resin yang transparent. Saat ini travertine, baik yang porous maupun yang filled in sedang laku digunakan sebagai finishing dinding bangunan.

Selain cotton castle (Pamukkale), yang digunakan sebagai nama kotanya, Pamukkale juga terkenal dengan peninggalan kota kuno dari jaman Yunani–Romawi dan Bizantium, yaitu Hierapolis. Kota ini dibangun di atas "benteng" putih (cotton castle). Secara total, luas Hierapolis adalah sekitar 2.700 meter (8.860 kaki) panjang dan lebar 600 m (1.970 kaki) dengan ketinggian sekitar 160 m (525 ft) dari Denzili, kota terdekat yang berjarak 20km dari Hierapolis. Dengan demikian cotton castle yang dari kejauhan terlihat seperti gunung salju ini dapat dilihat dari kejauhan termasuk dalam tata lampu yang menyinarinya saat malam hari.

Kappadokya yang unik.
toilet jaman Ephesus city ke 3
Cappadoce alias Kappadokya di wilayah Antalya (Anatolia–pada era Yunani) mungkin layak disebut sebagai ikon pariwisata Turki. Permukaan tanah di senagian besar wilayah Kappadokya sangat unik. Konon kabarnya, film–film holywood genre science fiction atau yang membutuhkan lokasi dengan struktur alam bernuansa “antah berantah” seringkali mengambil setting di Kappadokya.

Berbagai tempat wisata yang layak memang kunjung dan memang menjadi rekomendasi turistik antara lain adalah Kaymakli, Göreme, Pigeon Valley dan …… Hot Air balloon riding….

Göreme Open Air Museum
Göreme adalah distrik Provinsi Nevşehir di Turki. Setelah letusan Gunung Erciyes sekitar 2.000 tahun yang lalu, abu dan lava membentuk batuan lunak di wilayah Cappadocia, meliputi wilayah sekitar 20.000 km2. Batuan lembut itu terkikis oleh angin dan air, meninggalkan batu topi keras di atas pilar, dan saat ini berbentuk  seperti cerobong asap.

pemandangan Kappadokya dari udara
Orang Göreme, yang tinggal di jantung wilayah Kappadokya, menyadari bahwa batuan lunak tersebut dapat dengan mudah diukir menjadi bentuk rumah, gereja–gereja, biara–biara. Ini lingkungan tempat tinggal kaum Kristen yang menyimpan contoh seni–budaya era Bizantium dari periode pasca-iconoclastic. Selama periode iconoclastic (725-842) dekorasi tempat suci di wilayah ini dibuat sangat minimum. Biasanya symbol–symbol seperti penggambaran salib . Setelah periode ini, gereja-gereja baru digali ke dalam batu dan mereka kaya dihiasi dengan lukisan dinding warna-warni mengenai Jesus/Maria, masih dalam bentuk yang sangat sederhana.

Apa yang menjadi ikon pariwisata di Kappadokya selain Göreme open air museum ? Yang banyak dinikmati orang adalah Hot Air Balloon. Wisata dengan naik balon udara, melayang–layang selama 1 jam di atas  kota, mengikuti kemana arah angin berhembus sambil menikmati “tekstur” permukaan “tanah” yang aneh. Cukup dengan biaya US$ 220/orang. Mahal ya ….? Relatiflah …tergantung dari sudut mana kita memandangnya …, walau jujur, biaya itu cukup mahal buat dompet–dompet yang penghasilannya diperoleh dalam mata uang rupiah.

Pigeon Valley
Selain hot air balloon yang memaksa peserta bangun lebih pagi dari biasanya sementara udara masih berkisaran antara 00–50C , Kappadokya juga memiliki berbagai situs kuno yang sangat menarik antara lain Kaymakli yang merupakan kota bawah tanah yang terluas di Turki,

Kaymakli Underground City
Berada di dalam benteng Kaymakli di Wilayah Anatolia Tengah Turki dan pertama kali dibuka untuk wisatawan pada tahun 1964. Desa ini berada sekitar 19 km dari Nevşehir, di jalan Nevşehir–Niğde. Nama kuno Enegup. Rumah–rumah di desa tersebut di bangun membentuk sekitar hampir seratus terowongan dari kota bawah tanah. Terowongan masih digunakan sekarang sebagai area penyimpanan, kandang, dan gudang.

Kota bawah tanah di Kaymakli memilik terowongan yang rendah, sempit, dan terjal. Dari empat lantai terbuka untuk turis, masing–masing ruang diatur di sekitar poros ventilasi. Hal ini membuat desain setiap kamar atau ruang terbuka tergantung pada ketersediaan ventilasi. Saat ini hanya sebagian kecil dari kompleks terbuka untuk umum.

Goreme Open Air Museum
Selain Kaymakli, ada juga Pigeon Valley, masih merupakan “permainan” bangunan di dalam kubah bekas lava lunak. Kali ini rumah dalam kubah lava lunak ini diperuntukkan bagi burung dara. Masyarakat kemudian memanfaatkan kotoran burung dara yang memenuhi rumah sebagai pupuk alami.

Inti dari wisata wilayah Kappadokya adalah menawarkan keunikan lahan wilayahnya yang terbentuk dari kubah lava lunak yang sudah berusia ribuan tahun.

Usai menikmati keunikan Kappadokya, kita juga diajak mengunjungi Mevlana Museum di Konya dalam perjalanan menuju Ankara.

Tahun nggak, apa maksudnya Mevlana? Burhan sang tour guide bilang bahwa Mevlana adalah gelar setara dengan Lord. Di Indonesia diterjemahkan sebagai “Maulana”. Yang dimaksud adalah …. Ayo siapa coba….?

Sudah tahu ….? Ini penjelasannya…! Ssstttt …. Jangan bilang–bilang ya… aku nyadap dari Wikipedia nih…!

hot air balloon riding
Mevlana Museum adalah komplek museum yang terdiri dari makam Jalal ad-Din Muhammad Rumi alias Jalaluddin Rumi, seorang tokoh mistik Sufi dan berbagai barang peninggalannya berikut penggambaran 3 dimensi suasana “sekolah sufisme” yang didirikan oleh keluarga Mevlana tersebut. Itu sebabnya keluarga itu juga dikenal dengan sebutan Mevlana Rumi (Lord of Romain, alias Maulana dari Romawi) pemilik pondok darwis (tekke) dari urutan Mevlevi. Pondok datwis ini terkenal karena dalam tata cara peribadatannya kepada Allah SWT/dzikirnya lebih dikenal dilakukan dengan cara “menari/darwis berputar-putar (whirling).

Setelah Mustafa Kemal Attaturk mengambil alih pemerintahan dari kekaisaran Ottoman dan mengubah Turki menjadi Republik sekuler, maka pada tanggal 6 April 1926 terbit keputusan yang menegaskan bahwa makam dan pondok darwis (Dergah) milik keluarga Mevlana Rumi dijadikan museum.

cotton castle
Museum ini mulai dibuka pada tanggal 2 Maret 1927dan pada tahun 1954 dinamai "Mevlana Museum". Mevlana Museum berisikan makam Jalaludin Rumi dan para muridnya, penganut sufi serta berbagai koleksi lainnya.

Perjalanan dilanjutkan ke Ankara.
Apa yang bisa kita temukan di Ankara selain Mausoleum Mustafa Kemal Attaturk? Entahlah … kami hanya diajak mengunjungi Mausoleum atau makamnya Mustafa Kemal Attaturk saja dan makan siang di Rasgele Balikci  yang sangat unik tata ruangnya untuk kemudian dilanjutkan hingga Bolu. Kota terakhir dalam kunjungan ke Turki karena keesokan harinya, dari Bolu kami langsung diantar ke Airport.

Apa yang kudapat dalam perjalanan selama 8 hari mengelilingi sebagian wilayah Turki bagian Asia?
Yang terutama, perjalanan ini membuka wawasan dan pemahamanku sekaligus juga menjungkirbalikkan isi otakku tentang Turkey and Turkish. Turki adalah negeri maju yang sangat layak disetarakan dengan Negara–Negara di Eropa. Itu sebabnya Turki begitu “ngotot” untuk masuk dan diakui sebagai bagian dari Negara yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Eropa dengan mata uang tunggal Euro. Keinginan ini, hingga saat ini belum juga dipenuhi oleh parlemen MEE. Entahlah apa Turki masih berminat menjadi anggota MEE setelah adanya krisis yang dimulai dari Yunani dan ikut beramai–ramai menanggung beban defisit Negara MEE.

gedung Mevlana Museum
Ada berbagai KPI alias Key Performance Indicator yang menyebabkan Turki layak disetarakan dan dianggap sebagai Negara maju. Ini bukan hanya karena sejarah peradabannya yang sudah berumur ribuan tahun sebelum Masehi tetapi jejak kemajuan peradaban maju itu masih dan tetap ada.

Ditinjau dari bidang pertanian, di sepanjang perjalanan dari kota ke kota, melewati tanah – tanah yang terlihat seolah gersang, berjajar pepohonan apel, apricot dan lainnya yang sedang “meditasi” karena dedaunannya telah berguguran menjelang musim dingin. Tinggallah jajaran pohon zaitun dan jeruk Mandarin yang sarat buah berwarna orange. Sangat rapi dan menunjukkan betapa perkebunan itu ditangani secara serius dengan memanfaatkan teknologi. Di pedesaan tersebut tidak terlihat gubuk–gubuk reyot, kecuali rumah–rumah berlantai 2 atau apartemen. Bahkan banyak di antaranya terlihat gelap tak berpenghuni. Burhan menyatakan bahwa sebagian besar rumah yang kosong itu memang hanya dihuni pada musim panas saja.

traditional pottery
Seperti yang pernah saya ceritakan, pariwisata di Turki sepertinya ditangani oleh sebuah institusi pariwisata yang professional. Seluruh karcis masuk kecuali Mevlana Museum dan apa ya…. lupa nih…., memiliki bentuk, ukuran dan design yang sama. Perbedaanya hanya tulisan yang menyatakan nama dan lokasi situs wisata terkait saja. Kebersihannya sangat terjamin, begitu juga …. dan ini yang sangat penting… TOILET nya. Bersih, berlimpah air, tidak macet, lengkap dengan kertas toilet, sabun di wastafel serta automatic paper dispenser untuk lap tangah usai cuci tangan. Kalaupun bisa disetarakan di Indonesia, toilet di Terminal 2 bolehlah …..!

Toilet ini ada yang kloset jongkok maupun kloset duduk tapi keduanya sama terawat. Ada yang diberi tariff sebesar 1TL, sekitar Rp.5.600,- tetapi banyak juga yang gratis. Urusan toilet, walaupun hanya sekedar tempat buang hajat, ternyata tidak sederhana. Hal ini menunjukkan perilaku  serta tingkat kehidupan sosial/ekonomi masyarakat. Toilet yang berada di rest area di sepanjang toll ways, di situs wisata maupun di resto sama bersih dan kelengkapannya. Yang berbeda hanya jumlahnya. Ada yang terdiri dari beberapa kabin, namun ada yang hanya memilik 1 hingga 3 kabin saja.

KPI lainnya adalah bus pariwisata yang nyaman dengan mengadopsi regulasi yang berlaku umum di Eropa. Supir tidak boleh bekerja lebih dari 12 jam/hari serta harus istirahat yang  diistilahkan sebagai toilet stop setiap 2 jam mengendarai bus secara non stop. Ketatnya pengadopsian European Regulation ini terasa sekali saat minya power steering bocor beberapa kilometer menjelang Konya. Perusahaan mengirim bus pengganti untuk mengantar kami menuju Ankara, sementara dilakukan perbaikan.


sarcophagus of Kemal Attaturk
Pendeknya, sarana dan prasarana di Turki sangat prima. Seluruh jalan antar kota terdiri dari 2 jalur terpisah sebagaimana jalan tol di Indonesia. Jadi …. Kalau ditanya apa yang berbeda antara Turki dengan Eropa ….,? Menurut saya hanya ada satu ….. Jalan di Eropa sangat mulus, sehingga kita bisa tidur nyenyak di dalam bus. Sementara jalan di Turki, walau standard lebar dan keselamatannya mendekati dan mengadopsi regulasi Eropa, tetapi masih terasa tidak mulus… masih terasa gruduk… gruduk … hehe…

Turki mampu mengembangkan diri menjadi Negara industri, the real industrial country dengan segala keunggulannya. Karpet dan tekstil berkualitas tinggi, hasil pertanian, handicraft dan bahkan mereka mampu membuat kulit kambing menjadi setipis dan sehalus sutera …. Bukan main…!!! Itulah Turki yang sudah mengubah persepsi saya…. Turki bukan negaranya Turkey yang ayam kalkun lagi.

Sekarang tinggal memupuk mimpi, kapan Indonesia bisa mengejar segala ketertinggalan ini…? Kita pasti mampu, karena kita memiliki segalanya… tinggal tunggu waktu, semoga rakyat Indonesia mampu memilih pemimpin yang amanah, tidak munafik … Percayalah…!!! Walaupun masih samar–samar, akan datang masanya. Jadi, tidak perlu sedih …

2 komentar:

  1. Bagus sekali kupasannya. Keep writing!

    BalasHapus
  2. Pengalaman yang sangat menarik kak, kalo mau Ibadah plus Traveling bisa cek Paket Umroh Plus Turki bersama Travel Umroh Terbaik di Jakarta.

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...