Kamis, 28 September 2006

Arok dan Dedes


Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: History
Author:Pramoedya Ananta Toer
Buku Arok Dedes ini menurut saya lebih "cantik" daripada "Tetralogi". Kita dibawa bertualang dalam percaturan intrik-intrik para elite politik hingga lupa apakah kita yang berkelana ke jaman Singosari ataukah justru peristiwa ini terjadi pada jaman sekarang.
Ini buku pertama Pram yang menggugah pikiran saya dan semakin mengagumi kepiawaian Pram dalam mengolah kata dan peristiwa.
--------

Arok Dedes Pramoedya
Menafsir Sebuah Kudeta Politik
Judul : Arok Dedes
Pengarang : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit : Hasta Mitra
Tempat : Jakarta
Waktu Terbit : 1999
Tebal : x + 418 halaman

Buku Pramoedya Ananta Toer , Arok Dedes, merekonstruksi sejarah kudeta Arok atas Akuwu Tumapel Tunggul Ametung. Setting sejarah yang kuat dan premis dasar kudeta politik yang masuk akal membuat bangun karya ini kokoh sebagai sebuah "fiksi sejarah politik" yang tak sekedar novel biasa. Pram membuktikan kembali kepiawaiannya dan laku keras.

Pramoedya dikenal sebagai sastrawan yang bicara tentang sejarah. Sesudah karya masterpisnya, "Trilogi Pulau Buru", dia telah mengajukan sebuah versi sejarah. Kepiawaiannya adalah kemampuannya menilai sejarah dalam karya sastra. Apapun yang terjadi sebenarnya tidaklah penting, karena bagaimanapun juga, karyanya tetaplah sebuah karya sastra, bukan penelitian sejarah.

Dengan kebebasan yang sangat luas yang diberikan kesastraan, seorang
pengarang lebih bebas menafsir sebuah sejarah. Apalagi sebuah sejarah politik yang umumnya sarat dengan kepentingan, data yang kabur, pengakuan bermakna ganda, dan gelapnya waktu itu sendiri. Namun, kekaburan itu akan jadi begitu terang benderangnya di mata seorang pengarang, tanpa mengabaikan kerumitan yang sesungguhnya tetap terkandung dalam pelbagai peristiwa sejarah.

Dalam "Arok Dedes" ini, Pram menafsir siapa sesungguhnya sosok seorang Ken Arok dan Ken Dedes yang terlanjur melegenda di masyarakat itu. Dengan referensi yang kuat, Pram bak seorang sejarawan yang sedang menyuguhkan sebuah disertasi tentang sejarah kudeta pertama di tanah Jawa yang diperankan oleh anak keturunan Sudra yang tak bernama dan tak juntrung asal usulnya, Arok.

Pram melukiskan bagaimana keberhasilan penggulingan kekuasaan seorang Akuwu Tumapel bisa terjadi tanpa menyandarkan diri pada daya-daya magis yang dimiliki seorang Arok seperti dikenal dalam legendanya. Kekuatan utama yang menjadi dasar keberhasilan kudeta Arok adalah dukungan yang kuat dari kaum Brahmana pemuja Wisnu yang pada masa itu telah tersingkirkan dalam peta politik tanah Jawa. Kekuatan lain adalah kecerdasannya yang luar biasa dalam menghapal naskah-naskah rontal yang dianggap suci dan bahasa Sansekerta yang dianggap bahasa para dewa.

Digambarkan juga bagaimana pertarungan kepentingan di tingkat elit politik masa itu, antara kepentingan kerajaan pusat Kediri, Gerakan Mpu Gandring yang berkoalisi dengan kasta satria, para resi Brahmana, dan Tunggul Ametung yang ingin mempertahankan status quonya. Semuanya berada di bawah bayang-banyang bangkitnya perlawanan rakyat pimpinan Arok. Dan ketika kaum Brahmana memihak Arok, gempuran pasukan Arok yang bergerilya di wilayah Tumapel tak tebendung lagi dan kudeta pun terjadi.

Pesan moral yang tampaknya ingin disampaikan dalam novel yang digarapnya sekitar tiga bulan (1 Oktober-24 Desember 1976) sewaktu ditahan di Pulau Buru ini adalah betapa kompleks sebenarnya sebuah kudeta terjadi, dan betapa licik para aktornya untuk bersegera mengambil kesempatan, memenangkannya, dan mengaburkan peristiwa sejarah yang sesungguhnya terjadi. Misalnya, hingga halaman terakhir, tak begitu jelas, siapa pembunuh Tunggul Ametung sebenarnya, sementara Kebo Ijo yang jadi tertuduh menyanggah telah membunuhnya.

Demikianlah, Pram menggunakan sepenuhnya kelebihan yang diberikan kesusastraan dalam menafsir peristiwa sejarah yang tetap meninggalkan misteri itu.

11 komentar:

  1. Udah baca Arus Balik nya pram mbak? Lebih seru juga tuh, khususnya berkaitan dengan perkembangan Demak dan Majapahit serta peran orang-orang China di Indonesia dalam membangun hegemoni kekuasaan politik dengan alat agama islam

    BalasHapus
  2. Saya sudah beli buku Arus Balik, sudah agak lama, cuma ketlisut entah dimana. Maklum kalo beli buku suka kemaruk ... terus bacanya pake rebutan dgn suami, jadi terkadang suka lupa. Iya nih, PR untuk nyari buku itu lagi. Thanks diingetin

    BalasHapus
  3. Tetralogi sudah baca, pinjam sama teman. Arus Balik kayaknya belum deh. Yang Arok Dedes ini juga belum.

    Saya mengakui, Pram memang sangat piawai mengarang karya sastra yang berkualitas. Saya akan coba cari Arus Balik dan Arok Dedes.

    BalasHapus
  4. Tambah lagi mas... GADIS PANTAI
    Itu juga bagus banget lho

    BalasHapus
  5. Weleh... tambah lagi. Terimakasih...terimakasih. Di Jakarta cari buku yang murah di mana ya? Kalau di Jogja dulu suka ke Social Agency atau ... yang di jalan Gejayan itu apa ya...namanya?

    BalasHapus
  6. ternyata AROK itu artinya PEMBANGUNAN, jadi KEN AROK = Bapak PEMBANGUNAN... betul kah?

    BalasHapus
  7. Jadi.... mau dikaitkan dengan Bapak Pembangunannya Orde Baru?
    Gak tahu ... yang pasti, Pram menjadi salah satu tahanan BURU selama masa pemerintahan Bapak Pembangunan

    BalasHapus
  8. Konon katanya di Kwitang ... banyak toko buku kecil. Atau ke inibuku.com dapat diskon antara 15% - 20%. Pake di antar ke rumah

    BalasHapus
  9. baca elkaha juga ga mbak? candi murcanya ada tuh kendedes dan kenarok di fiksiin.. lebih seru dari buku ini..

    BalasHapus
  10. Saya baca LKH, Gajah Mada 1 s/d 5 juga Perang Peregrek. Candi Murca saya juga beli. Sudah mulai baca, tapi di hal 10 saya berenti. Buat saya nggak menarik karena loncat sana-sini nggak keruan. LKH belum sepiawai Dan Brown untuk bikin cerita dengan format flash back. Buata saya ES Ito di Rahasia Meede lebih bagus dari Candi Murca.

    Tapi entah ya... bisa jadi Candi Murca menarik, tapi first impressionnya gak enak sih jadi tu buku menganggur, gak disentuh lagi

    BalasHapus
  11. iya bacanya masih loncat2.. kalu dibandingin danbrown jauhlah haduh.. tapi bagus juga ada yang memulai sejarah indonesia gitu loh..

    candimurca3 saja blom tamat baca.. ini sambilan doang.. tapi kisah dia bikin penasaran deh.. perang penagrek mau dibikin 12 tuh.. tolong deh..

    baca pram masih mending, tapi bahasanya jadul ya.. pemikirannya yang asik..

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...