Senin, 09 Oktober 2006

Sulit ambil keputusan untuk Menikah?

Jum'at kemarin, seusai shalat ashar, YM saya ada yang manggil, walaupun statusnya invisible.


"Madame .., ngganggu?"
"Nggak ... ada apa oom?"
Ini pasti Yudi, temanku yang agak “bawel” terutama untuk urusan hubungan antar jenis.


“Apa pantas kalo perempuan itu berlaku kasar…?”
Lho ...lho ... ada apa lagi ni orang? Belum apa-apa sudah menyergah dengan pertanyaan yang menyudutkan perempuan...


“Tergantung keadaan ....! Orang selalu berharap perempuan selalu bersikap halus, lemah lembut ... ya ... yang begitu-begitu deh...! Tapi kan, itu tergantung dari pembawaan dan mungkin juga dari suku bangsanya... Ada apa sih...?”
”Aku tuh suka sebel  ... cewe yang lagi deket sama aku itu, kok kasar banget ya...? Pernah suatu saat dia bilang gini ... dasar orang gak punya otak!! Kan nggak pantes perempuan ngomong begitu...!!”
”Ya kalo kamu ngerasa nggak suka dengan sikap, sifat atau kebiasaannya ... ya tinggalin ... cari yang lain...!, Kok susah banget sih?”


”Sudah ....!”
”Nah, kalo sudah ... terus kenapa lagi...?”
”Ya tapi gak bisa ....?”


”Lho ... kamu ini gimana sih? Sudah putus, tapi gak bisa... Maksudnya apa?”
”Ya sudah berulang kali putus. Kalo sudah berantem, putus... tapi akunya balik lagi sama dia....”
”Oalah ....! itu karena kamu gak mau, makanya kamu nggak bisa!”
”Apa maksudnya...?
”Hati kecil kamu sebetulnya ”nggak mau” putus, makanya kamu nggak bisa putus... bolak-balik terus...! Au fond du coeur, kamu itu follement amoureux d’elle!!! Kalo gitu sih .... udahlah ... kawinin aja dia, beres kan....!”


”Gak bisa .... gak bakalan cocok sama ibuku...!”
”Eh .. denger baik-baik ... Gak ada sejarahnya perempuan yang cocok dengan mertua perempuannya. Kalaupun ada, jarang banget...! Jadi itu persoalan biasa ... Lagipula, yang kawin, kamu ...!”
”Tapi ... dia sudah pernah menikah ... dan pernikahannya nggak berumur panjang, gak sampe 1 tahun...!”
”So ... what...?”
”Gue gak mau nasib gue kayak gitu...!”


“Setiap pernikahan itu adalah judi…Kesalahan kita adalah saat berpendapat bahwa pernikahan adalah tujuan dari persatuan dua hati anak manusia. Jadi pernikahan adalah final dari perjalanan cinta! Padahal .. itu salah besar, karena pernikahan adalah starting point of an open-ended problems. Akan ada berbagai macam masalah yang datang silih berganti dan kita sudah menandatangani kontrak (yang diharapkan) berjangka panjang. Yang perjalanannya sama sekali unpredictable. Apa bukan berjudi, namanya? Perlu effort untuk memeliharanya. Sejauh ada kesamaan visi, saling menghormati dan punya komitmen yang sama, apalagi yang ditakuti?”
”Sifatnya itu. ...”
”Kenapa harus melihat segala kekurangannya? Memangnya kamu sudah sempurna? Coba hargai segala kelebihannya sebagaimana kamu berharap dia juga mau menghargai kelebihanmu diantara banyak kekurangan yang ada di kamu...!”


”Aku nggak suka, dengan sikapnya yang arogan...!”
”Duh ... bolak-balik kesitu ....! Gini deh ... pilihannya kan Cuma dua... kawin atau putus...! Nah pilih salah satu ...”
”Aku udah coba putus sama dia, tapi gak bisa, selalu balik sama dia...”
”Ya sudah. .. kawin aja sama dia...”
”Tapi ... kalo ternyata nggak cocok ...?”


” Udah deh .... Sekarang ini kan kamu cinta buta banget, jadi kamu kawin aja sama dia ... Ntar, kalo udah kawin, mata hati kamu jadi terang benderang ... bisa melihat dengan jernih segala kekurangan-kekurangannya”
”Memang, kalau sudah menikah, perasaan cinta bisa hilang...?”
”Nggak juga sih ... tapi nuansa dan suasananya sudah berbeda. Kamu bisa mengambil keputusan dengan lebih jernih, yang tidak ditutupi perasaan cinta menggebu-gebu. Nah, kalau memang dirasa susah untuk dipertahankan. ya cerai aja ....... Kok susah banget sih?”


”Duh, madame ... kok jahat amat sih?”
”Lha.... kamu ini gimana sih? Disuruh putus..., kamu bilang gak bisa! Disuruh kawin... kamu bilang, gak suka sama sifatnya...! Kalo begini terus... sumpah mati deh ... sampe kapanpun kamu nggak akan pernah menikah ...!”


(duh ... maaf Yudi ... kok lagi puasa gini, omonganku ”jahat” banget ya....? Sungguh mati, aku nggak bermaksud jahat sama kamu, cuma gregetan aja! Umur kamu sudah pantas untuk memiliki 2 orang anak balita.... lho! Keburu kiamat ...!!!)

11 komentar:

  1. hehehe ceritanya lucu mbak.. mengingatkan aku ama seorang teman yang bolak balik curhat masalah yang sama.. akhirnya, dia putus ama ceweknya (yang bolak balik putus sambung dan gak cocok ama calon mertuanya)..terus nikah ama cewek yang baru dikenalnya selama 3 bulan.. what a life! :)

    BalasHapus
  2. Ternyata, banyak lelaki yang "gamang" menhadapi pernikahan ya.. Apalagi kalau dia berhadapan dengan perempuan yang mandiri...

    BalasHapus
  3. setuju deh ama yang dikatakan mba Lina!

    BalasHapus
  4. Lelaki membela diri.... wakakak

    BalasHapus
  5. Ternyata gak cuma ke gue die nanya2 gini. Gue ampe prihatin ya, kok nanyanya sama terus. Om Y lupa kali dia uda nanya ke gue... Gue tapi gak sekejem elo mbak jawabnya wakakakakaka

    BalasHapus
  6. Iya nih ... Mulutku ini gak pinter basa basi Apalagi kalo menghadapi terus-terusan pertanyaan dan pernyataan yang sama dari orang yang sama.
    Duh ... Gusti ... mohon ampun....! Lagi puasa niihhhh...!!!

    BalasHapus
  7. mba, cocok deh jadi konsultan pranikah :x

    BalasHapus
  8. Waduh ...
    Kabur semua nanti yang konsultasi....
    Saya orangnya, kan gak pinter basa-basi atau menyenangkan hati orang

    BalasHapus
  9. Hahahaha..no wonder kalo itu datengnya dari Mr. Y... Gue jamin yang tertulis di atas itu pasti veridique histoire!!! Kalo konsulnya ke gue, bakalan gak kalah pedes juga tuh komentar gue!!

    BalasHapus
  10. Aduhai ...
    Dipikir-pikir... ternyata, kasihan juga ya... Banyak lelaki yang "pengecut" justru untuk hal yang paling menentukan ini. Mungkin sekarang dunia udah terbalik-balik ... VIVE LES FEMMES ...!!!! hehehe

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...