Senin, 03 September 2007

Gara-gara MATRIX, semua jadi kacau balau

Sabtu 1 September 2007, betul-betul menjadi hari yang paling berantakan. Awalnya karena ada kebingungan. Tiba-tiba, cdma-fren yang biasanya cuma diketahui kalangan terbatas saja, kok jadi rame. Telpon masuk melalui fren bertubi-tubi membuat saya kehilangan konsentrasi di kelas. Masih belum sadar dengan apa yang terjadi, saya berusaha mengirim sms untk follow up isi pembicaraan telpon. Ternyata semua failed. Baru setelah mencoba berulang kali dan tetap saja gagal. saya memperhatikan bahwa di layar hp tertulis no connection to network.

Saya masih berpikir, mungkin handset nya bermasalah. Jadi, handset dimatikan, tunggu 5 menit dulu dan dinyalakan kembali. Begitu konon prosedur yang harus dilakukan bila ada gangguan, yang selalu dijelaskan oleh service assistant nya Indosat.
Konyolnya..... sampai 3 kali prosedur itu dilakukan, lalu dilakukan manual network search, tetap saja tidak ada signal.... Duh ribetnya. Komunikasi dengan suami yang lagi "jalan-jalan" ke Jogja jadi macet. Kacau banget....!!! Usai dari CCF, saya ke galeri indosat di Pondok Indah Plaza. Distu baru tahu bahwa sejak jam 08.00, network nya indosat memang ada gangguan.

Jam 14.00, signal Matrix mulai kelihatan. Saya mencoba menghubungi suami, tetap lost contact. User busy... begitu kedengerannya. Saya coba kirim sms, delivery reportnya tidak berfungsi sehingga nggak tahu apakah sms itu sampe atau nggak. Usai maghrib, saya coba lagi telpon suami, akhirnya dia bisa dihubungi.

Minggu malam, istri dari kakak ipar saya menelpon ke rumah. Mengucapkan terima kasih, karena beberapa hari sebelumnya dia mendapat undangan untuk nonton Nusantara Chamber Orchestra, yang konon dia bilang.... extraordinary....!!! Yang enggak enaknya, dia tanya... Kenapa nggak hadir di pemakamannya ibu Munadjat (mertua dari salah satu adik ipar saya yang lain)... Suaminya (kakak ipar) mengirim 2 kali sms untuk saya mengabarkan berita duka tersebut. Mati aku......!!!!

Sungguh mati, saya sama sekali nggak nerima sms apapun juga. Untungnya setelah saya jelaskan masalahnya, dia bisa mengerti dan pada saat bersamaan dia baru menyadari sebab-sebab supirnya tidak menjawab telpon, saat diminta menjemput karena si supir menggunakan Mentari. Oh alah....!!!! Cepat-cepat saya telpon keluarga yang berduka... menyampaikan permintaan maaf.

Pagi ini, sekitar jam 8.00 saya mulai menerima sms bertubi-tubi dari berbagai jurusan. Kesemuanya sms yang dikirim sejak hari Sabtu 1 September 2007 sampai Senin pagi tanggal 3 September 2007. Duh.... begini rasanya jadi korban alat komunikasi canggih.

10 komentar:

  1. sangat riskan memang jika bergantung pada teknologi yang belon pasti kehandalannya. Untuk berita-berita penting, sms tidak cukup, harus di ikuti dengan komunikasi verbal untuk meyakinkan messagenya sampai pada yang bersangkutan.

    BalasHapus
  2. Weleh.... Irvan lagi bingung ya .....mbulet juga nih??? .... Kan udah dibilangin kalo Indosatnya lagi bermasalah. Jadi telpon keluar atau masuk nggak bisa dipake. User/network busy ... gitu katanya saat dipake. Semua orang sudah terbiasa pake mobilephone, jadi kalo lagi trouble, lupa kontak melalui fixed phone.

    BalasHapus
  3. Harusnya biaya bulanan sebulan digratisin tuh. Merugikan banget. Aku juga salah satu korbannya.

    BalasHapus
  4. itu dia masalahnya uni. orang makin ndak kreatif dan ndak mampu berpikir luas. kalo udah mentok, stop. ndak ada usaha atau cara lain, ini tipikal orang-orang yang terpengaruh efek kemajuan teknologi. padahal pake isyarat asap masih bisa, kalo dulu jaman indian :))
    setidaknya beberapa alternatif masih mungkin dilakukan selain sms, maupun telepon. misalnya, email, fixed line, telex, atau kurir. mungkin ndak biasa kali ya kirim telex dalam satu kota, tapi dengan tingkat kesibukan jakarta, saya pernah melakukannya saat teknologi wireless masih belum muncul sekitar tahun 80-an.

    BalasHapus
  5. Hm.... susah nih berdebat sama urang awak yang satu ini...
    Kita memang sudah termanjakan dengan kemajuan teknologi.
    Elo pernah coba pake isyarat asap sekarang??
    Btw, Suka-suka kamu deh.....!!!

    BalasHapus
  6. huhahahhahahaha typikal orang jakarta... sudah tidak mau berdiskusi, maunya menang sendiri :P

    maksudnya uni, kalo berita yang urgent dan harus sampai ke penerima, tidak bisa hanya dikirim dengan sms. kudu di ikuti dengna komunikasi verbal. jadi tau persisi informasi tersebut sampai atau tidak. dengan kasus indosat down, jika komunikasi verbal dilakukan, maka pengirim pesan akan sadar, kalo pesannya tidak bisa sampai. Nah jiak kita tau pesan kita tidak sampai, pasti kita akan berusaha dengan cara lain agar pesan tersebut bisa sampai. bisa melalui fixed line misalnya. kan sayang aja, pesan tidak sampai, abis itu berburuk sangka pula. bukan saja udah jatuh ketimpa tangga, tapi udah jatuh, ketimpa tangga, keinjek-injek pula :))

    BalasHapus
  7. Kalo urusan gue sih semua beres oom, karena kebetulan ada 2 mobile yg aku pegang. Tapi ini kan iparku yang nggak melakukan check n recheck. Komunikasi verbal yang mungkin dilakukan saat itu juga hanya melalui mobile-phone karena iparku ada ditempat duka sementara gue sendiri nggak berada di rumah. Gitu lho ceritanya....!!!
    Udah ah... kok jadi berantem sih.....

    BalasHapus
  8. ndak apa-apa.... no hurt feeling kok. berantem itu baru bisa dua pihak. kalo cuman satu pihak yang merasa kan belon tentupihak lain juga merasa :P

    BalasHapus
  9. Beginilah akibat ketergantungan pada technologi canggih :)
    Bnyk manfaatnya, tapi ada juga efek sampingnya. ^_^
    Sampe ada orang yg menganjurkan back to nature, no TV, hp, dll alat modern.
    Ntah kalo mudik naek kuda aja, ha ha
    (Bagi penganut phm ini, jgn tersinggung yach, just kidding)

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...