Kamis, 26 Juni 2008

Pembagian Raport Sekolah

minggu terakhir bulan Juni 2008 ini, jadi minggu sibuk para ortu. Dari mulai ngurus anak yang harus daftar sekolah setelah lulus ujian/test masuk, pentas akhir tahun dan bagi raport.

Entah angin apa yang membawa "kabar buruk", sekolah anakku mengadakan pentas akhir tahun dan pembagian raport pada hari Kamis. Hari kerja. Padahal biasanya pentas akhir tahun dan pembagian raport selalu diselenggarakan pada hari Sabtu pagi. Padahal... acara kantor saya lagi padat karena minggu ini saya harus membereskan urusan kantor sebelum cuti, harus bayar biaya perjalanan ... duh ribet deh. Terpaksa daku tidak hadir acara pentas seni anak sekolah.

Sedang menunggu pengetikan kuitansi pembayaran biaya perjalanan, anakku sudah telpon;
"Ma..... acaranya sudah selesai. Sekarang sudah mulai bagi raport...!!"
Duh, padahal acara bagi raport dijadwalkan jam 11.30, dan saat itu jarum jam belum lewat dari jam 10.30. Terlalu cepat 1 jam. Untung jalan menuju Karang Tengah tidak terlalu macet sehingga jam 11.15 aku sudah tiba di sekolah. Anakku sudah menunggu dengan muka dan baju belepotan make up.

Sejujurnya, aku paling benci liat anak sekolah (SD lagi...) pake make up. Berulang kali kupesan untuk tidak mengotori muka anakku dengan make up, tapi selalu lolos. Guru/periasnya mungkin gatal tangan dan mata kalau liat anak perempuan menari tanpa make - up.

Di dalam kelas, pak Agus yang rame itu sibuk menerangkan ini itu ke wali murid yang menghadap satu persatu. Aku nggak terlalu antusias untuk banyak tanya. Sudah pasti persepsi tentang pendidikan anak SD antara orangtua dengan guru, akan berbeda.

Berbeda dengan masa muda dulu dan dalam memperlakukan anak sulungku, sekarang aku nggak terlalu peduli dengan nilai ulangan. Aku selalu ingat ucapan Wahyu si sulung :
"Ma... lebih suka nilai 10 hasil nyontek atau nilai 7 tapi murni hasil kemampuanku?"

Yah... kecerdasan anak tidak semata-mata dilihat dari nilai raport. Ada kecerdasan/kemampuan lain yang menjadi kunci keberhasilan manusia di masa depan. Dan kecerdasan akademis hanya salah satu bagian. Bukan segalanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...