Selasa, 12 Agustus 2008

WARNING - untuk pengguna Visa Card

Bagi pengguna VISA CARD - VCard yang melakukan transaksi pada hari Kamis 7 Agustus 2008 sekitar jam 20.00 an, ada baiknya mengingat kembali, apakah ketika anda melakukan transaksi, approval dari card center – CC dilakukan sekali saja (langsung approved) atau harus dilakukan beberapa kali tanpa hasil kemudian anda harus mengganti kartu dengan kartu lain misalnya Visa electron atau Master Card - MCard.

Bila ternyata transaksi anda sempat ditolak oleh VCard, ada baiknya anda segera menghubungi CC untuk memastikan bahwa pembukuan transaksi anda hanya dilakukan satu kali saja. Dengan kata lain, transaksi VCard yang gagal tersebut tidak dibukukan, karena pada hari KAMIS 7 Agustus 2008 tersebut, minimal sekitar jam 20.00 an tersebut telah terjadi gangguan hubungan telpon dari EDC yang berada di kasir para merchant dengan CC yang membukukan transaksi anda. Akibatnya transaksi yang "gagal" tersebut tercatat sebagai PENDING transaction dan langsung dibukukan ketika gangguan teratasi.
Ini adalah pengalaman nyata.

Kamis 7 Agustus tersebut saya berbelanja di Carrefour Lebak Bulus - Jakarta dan menggunakan VCard untuk pembayaran (ini gaya penghutang – tapi sombong … hehehe). Pada swipe pertama, transaksi tidak dapat dilakukan. Saya lupa apa yang tertulis pada layar EDC di kasir. Karena berulang kali transaksi gagal, maka kasir berpindah mesin dan melakukan swipe di mesin yang baru di kasir sebelahnya. Juga berulang kali dan kesemuanya gagal membukukan transaksi dengan VCard. Untuk itu dia meminta saya mengganti kartu. Beruntung saya memiliki MCard yang dikeluarkan oleh bank yang sama, dan transaksi berhasil dilakukan dengan hanya satu kali swipe.

Merasa kurang nyaman dengan kejadian ini atau mungkin feeling insecure, pada hari Jum'at pagi saya menelpon CC untuk mengecek penggunaan ke dua kartu tersebut. Dari situ, diperoleh informasi bahwa telah terjadi 3 kali pembukuan transaksi di Carrefour dengan nominal yang sama yaitu 2 kali dengan VCard yang berarti 2 kali swipe pertama dari dua EDC yang berbeda dan satu kali dari MCard yang memang approved dan saya tandatangani.

Kepada service assistant - SA, saya jelaskan kronologi peristiwanya dan mengatakan bahwa hanya ada 1 transaksi yang valid, yaitu dengan MCard. Silakan periksa bahwa tidak mungkin ada 3 transaksi dengan nominal yang sama di merchant yang sama pada jam dan menit yang berdekatan.

"Bu, kalau begitu, mohon ibu menghubungi kembali Carrefour dan meminta mereka mem void transaksi tersebut. Kami di sini tidak bisa melakukannya, tanpa persetujuan merchant”
“Lho … bagaimana saya bisa meminta Carrefour melakukan hal itu? Atas dasar apa? Saya sama sekali tidak memiliki bukti telah melakukan transaksi sebanyak 2 kali dengan VCARD tersebut. Yang saya tandatangani hanya 1 kali dengan MCard yang telah approved”.
“Tetapi, begitu prosedurnya bu…!”, jawaban standar, khas petugas call center
“Saya tidak keberatan melaksanakan prosedur tersebut, tapi tolong berikan saya bukti bahwa saya sudah dirugikan akibat 2 kali pembukuan transaksi yang unapproved tersebut dan karenanya meminta Carrefour untuk mem void transaksi tersebut.”
“Nanti saya laporkan dulu bu…”

Saya menunggu cukup lama untuk hal ini. Menunggu SA melaporkan kasus ini kepada supervisor nya
“Bu, … memang telah terjadi gangguan pada malam itu, tapi prosedurnya memang begitu. Atau, ibu menunggu 14 hari dulu saat tagihan tercetak…”
“Non … CC punya data, punya bukti yang cukup valid dan sudah mengakui bahwa ada gangguan pada computer. Jadi, cukup banyak alasan untuk melakukan hal tersebut. Sementara saya tidak memiliki bukti yang valid untuk meng klaim Carrefour atas transaksi ganda ini. Jadi, tolong katakan pada supervisor anda untuk melakukan voiding secara internal".

Merasa kurang puas pada jawaban SA di call center, saya mengirim email pada SA di bank penerbit kartu tersebut dan meminta bantuannya untuk menindaklanjuti masalah tersebut. Jum’at sore, saya kembali menelpon CCC menanyakan kelanjutan proses voiding tersebut. Alhamdulillah, SA yang kali ini seorang lelaki menyatakan dengan tegas bahwa telah banyak keluhan yang masuk mengenai penggandaan transaksi pada kamis malam tersebut dan CC sedang melakukan voiding atas transaksi-transaksi ganda yang terjadi pada hari tersebut dan proses tersebut diperkirakan selesai pada hari Sabtu siang.

Jadi, kalau anda melakukan transaksi dengan menggunakan VCard pada kamis 7 Agustus 2008 dan transaksi anda sempat ditolak, coba hubungi call center CC anda. Pastikan tidak terjadi penggandaan atas transaksi yang anda lakukan pada hari itu.

11 komentar:

  1. TFS mbak.... coba aku inget2... hari itu blanja apa enggak ya?

    BalasHapus
  2. Semoga nggak lagi belanja pake VC pada hari itu

    BalasHapus
  3. Kalo belanja pake VC, coba kontak bank issuer nya ya

    BalasHapus
  4. waduh.....mana ingat ? mending lihat struk aja deh...., thank bu

    BalasHapus
  5. Semoga nggak kena transaksi ganda ya

    BalasHapus
  6. Telpon aja ke call center, minta dibacakan transaksi yang terjadi pada hari kamis 7 agustus itu, untuk memastikan tidak ada transaksi ganda

    BalasHapus
  7. Sukurnya sih, enggak...waktu itu kan ogut lagi kelincahan jalan-jalan di kota tepian...

    BalasHapus
  8. sek, tak ingat dulu tanggal 7 hari apa ya ? kamis ? kayaknya sich belanja tanggal segitu. walah kudu waspada saat terima tagihan......

    BalasHapus
  9. kalo approval nya sekali jadi sih, mestinya nggak bermasalah. Tapi ada baiknya juga hati2 saat tagihan datang

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...