Rabu, 06 Oktober 2010

Sang Pencerah

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Biographies & Memoirs
Author:Akmal N Basral
Buku SANG PENCERAH tulisan Akmal N Basral yang mantan jurnalis ini adalah novelisasi skenario film dengan judul yang sama yang menurut saya lebih diperkaya lagi dengan beberapa data.

Tidak banyak yang bisa diungkapkan dari buku ini, karena saya sendiri membacanya setelah terlebih dahulu menonton filmnya, sehingga lebih merupakan penyegaran kembali dari apa yang dilihat dalam film.

Bagi penyuka buku, tentu SANG PENCERAH versi buku jauh lebih menarik dibandingkan dengan menonton film. Walau dibintangi dan diperankna dengan sangat baik oleh Lukman Sardi sebagai KHA Dahlan, namun tatkala membaca buku, ada nuansa yang berbeda karena emosi dan imajinasi pembaca dibawa lebih jauh.

Dalam buku, dijelaskan juga siapa Siti Walidah yang kelak menjadi istri KHAD, begitu juga termasuk juga proses "pelamaran" Siti Walidah oleh keluarga KH Abu Bakar untuk Mohamad Darwis, nama asli KHAD sebelum beliau pergi menuntut ilmu ke Makkah sekaligus menunaikan ibadah haji untuk pertama kali.

Diuraikan juga dorongan dari Sultan agar KHAD menunaikan ibadah haji untuk kedua kali, guna menghindari/meredam konflik yang semakin tajam di kalangan kiai Jogya sekaligus melaksanakan "titpan" Sultan agar KHAD mempersiapkan diri untuk membentuk sebuah organisasi Islam untuk memajukan umat.

Apapun juga, buku ini menjadi bacaan pelengkap bagi anda yang telah menonton film tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...