Di sekolah ....
”Anak ibu, kurang optimal ... bisa dibilang under achiever ....!”
”Apa maksudnya ....”
”Prestasi akademiknya tidak sebanding dengan potensinya. Hasil test IQ terlalu tinggi dibandingkan dengan hasil evaluasi belajarnya. Dia juga seringkali menjadi trouble maker di kelas ... Keluar kelas seenaknya bila menemukan guru yang tidak ”kena” di hati. Kami seringkali kewalahan menghadapinya.”
”Bukankah sekolah ini menerapkan ”kesetaraan” antara guru dan murid?”
”Ya ... tetapi, kami juga ingin orangtua berpartisipasi dalam ”mendidik” anak”
”Tentu ... tapi, mungkin ada perbedaan persepsi mengenai pendidikan yang dia dapatkan di rumah dengan di sekolah. Itu yang membuatnya frustrasi”
” Maaf ... mungkin ada yang salah dalam cara mendidik anak di keluarga ibu. ...”
Hah ..... Gile bener ... gue dibilang salah didik anak? Keterlaluan .... sok tahu banget tu wakepsek ...!!!
Di rumah.
”Kamu tahu apa yang diomongin wakepsek tadi siang?”
”Gak ..... Apaan ....?”
”Cerita klasik tentang kamu. Trouble maker, kurang optimal dan under achiever! Kayaknya itu terus deh masalahmu di sekolah. Kenapa sih ...?”
”Gue sebel ...., anak-anak dibikin gak kreatif ... Memang maunya apa sih...?”
”Ya ... prestasi akademik mesti ada korelasinya dengan hasil test IQ. Apalagi kamu ada di kelas akselerasi”
”Memang prestasiku jelek, apa?”
”Gak jelek juga sih .... Cuma menurut guru-guru, mestinya nilai raportmu bisa lebih baik dari itu...”
”Ma .. denger nih ya .. Aku gak peduli dengan nilai, dengan ranking atau apapun juga ..”
”Tapi, jangan lupa .. sistem pendidikan di Indonesia masih menekankan pada hasil akhir, nilai akademik. Ya .... hal-hal seperti itu.”
”So ... what ...?”
”Tetep aja nilai raport yang dilihat, yang jadi cerminan prestasi akademis”
”Ya itulah hasil prestasiku...”
”Tapi tetap saja guru-guru bilang kamu under achiever?”
”Mereka buta ....! Nggak tahu kalo demi yang namanya nilai dan ranking, anak-anak menghalalkan segala cara”
”Maksud ...?”
”Nyontek dan ngebet kalo ulangan. Kalo hasil gue dianggap jelek, biar aja. Yang penting.. itu murni prestasi gue ... Gak ada nyontek dan nggak ada ngebet! Kalo NEM gue rendah atau mudah-mudahan bagus, itu betul-betul cerminan kemampuan gue menyerap pelajaran. Apa itu gak cukup buat mama? Mana yang lebih berharga ....? Mama lebih suka anaknya jadi juara kelas dari hasil nyontek, ya?”
”Anak ibu, kurang optimal ... bisa dibilang under achiever ....!”
”Apa maksudnya ....”
”Prestasi akademiknya tidak sebanding dengan potensinya. Hasil test IQ terlalu tinggi dibandingkan dengan hasil evaluasi belajarnya. Dia juga seringkali menjadi trouble maker di kelas ... Keluar kelas seenaknya bila menemukan guru yang tidak ”kena” di hati. Kami seringkali kewalahan menghadapinya.”
”Bukankah sekolah ini menerapkan ”kesetaraan” antara guru dan murid?”
”Ya ... tetapi, kami juga ingin orangtua berpartisipasi dalam ”mendidik” anak”
”Tentu ... tapi, mungkin ada perbedaan persepsi mengenai pendidikan yang dia dapatkan di rumah dengan di sekolah. Itu yang membuatnya frustrasi”
” Maaf ... mungkin ada yang salah dalam cara mendidik anak di keluarga ibu. ...”
Hah ..... Gile bener ... gue dibilang salah didik anak? Keterlaluan .... sok tahu banget tu wakepsek ...!!!
Di rumah.
”Kamu tahu apa yang diomongin wakepsek tadi siang?”
”Gak ..... Apaan ....?”
”Cerita klasik tentang kamu. Trouble maker, kurang optimal dan under achiever! Kayaknya itu terus deh masalahmu di sekolah. Kenapa sih ...?”
”Gue sebel ...., anak-anak dibikin gak kreatif ... Memang maunya apa sih...?”
”Ya ... prestasi akademik mesti ada korelasinya dengan hasil test IQ. Apalagi kamu ada di kelas akselerasi”
”Memang prestasiku jelek, apa?”
”Gak jelek juga sih .... Cuma menurut guru-guru, mestinya nilai raportmu bisa lebih baik dari itu...”
”Ma .. denger nih ya .. Aku gak peduli dengan nilai, dengan ranking atau apapun juga ..”
”Tapi, jangan lupa .. sistem pendidikan di Indonesia masih menekankan pada hasil akhir, nilai akademik. Ya .... hal-hal seperti itu.”
”So ... what ...?”
”Tetep aja nilai raport yang dilihat, yang jadi cerminan prestasi akademis”
”Ya itulah hasil prestasiku...”
”Tapi tetap saja guru-guru bilang kamu under achiever?”
”Mereka buta ....! Nggak tahu kalo demi yang namanya nilai dan ranking, anak-anak menghalalkan segala cara”
”Maksud ...?”
”Nyontek dan ngebet kalo ulangan. Kalo hasil gue dianggap jelek, biar aja. Yang penting.. itu murni prestasi gue ... Gak ada nyontek dan nggak ada ngebet! Kalo NEM gue rendah atau mudah-mudahan bagus, itu betul-betul cerminan kemampuan gue menyerap pelajaran. Apa itu gak cukup buat mama? Mana yang lebih berharga ....? Mama lebih suka anaknya jadi juara kelas dari hasil nyontek, ya?”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar