Sabtu, 04 Februari 2012

BUAHNYA MANNAAA.....???


Suami saya pagi-pagi sudah komplain... maksudnya "ngadu", karena sejak hari rabu siang, saat makan siang sampai tadi pagi, dia nggak makan buah sama sekali. Maklum saja, dia tidak ada di rumah, tapi sedang ikut raker di Ciloto sampai hari Jum'at. Padahal kalo di rumah, buah-buahan dalam bentuk juice atau buah potong, pasti jadi makanan pembuka - appetizer, sebelum makan nasi dan lauk pauk.

Ini gara-gara teorynya food combining yang menyatakan bahwa buah-buahan itu akan habis dicernakan dalam waktu 15 menit setelah melewati tenggorokan. Sedangkan karbohidrat (nasi, kentang dll) dalam waktu 2 jam dan protein hewani dalam waktu 3-4 jam. Jadi kalau kita makan buah-buahan sebagai penutup, maka, dia harus menunggu giliran 3-4 jam dulu, baru mendapat giliran masuk lambung untuk dicernakan. Akibatnya ... buah-buahan yang sudah dikunyah dan bercampur enzym air liur akan membusuk sebelum mencapai lambung sehingga lama-kelamaan, tubuh kita akan teracuni dan timbul banyak masalah kesehatan. Itu teory yang di anut oleh food combining.

Mungkin ada benarnya juga. Kalau kita perhatikan dengan seksama, saat kita meminum juice buah yang dibuat lebih dari 15 menit sebelum disantap, apalagi kalau juice tersebut berada pada suhu ruang, suhu yang hampir sama dengan suhu tubuh manusia, maka rasa juice tersebut akan berubah. Menjadi sedikit basi... bahkan untuk buah-buahan tertentu, juice akan berbusa.

Sejak mengikuti cara makan a la food combining, urusan "ke belakang" menjadi lancar dan mulus. Padahal saya dulu termasuk penderita konstipasi dan suami penderita ambeien. Effek positif lainnya, berat badan relatif terkontrol, nggak gampang pusing dan merasa lebih sehat. Cuma repotnya, kalau sedang keluar kota dan ada perubahan pola dan menu makan, maka semuanya jadi kacau balau. Ya seperti suami saya itu .... mengeluh karena ritme biologisnya berubah total dan dia merasa sangat tidak nyaman.

Buah-buahan terlebih bila dikonsumsi 15 - 30 menit sebelum makan "berat" memang dipandang aneh oleh orang kebanyakan. Saya ingat, malam minggu lalu, saat menghadiri resepsi pernikahan, seorang kawan lama terheran-heran saat saya menyantap buah-buahan ...

"Lho ... kamu sudah selesai makan ya? Kok cepat sih ... udah makan buah ....? Memang datang jam berapa?", begitu katanya.. Saya hanya tertawa mendengarnya..
"Saya biasa makan buah dulu, supaya kenyang dan makan malamnya cukup dalam porsi yang kecil saja...". 

Ini jawaban logis yang masih bisa diterima orang banyak. Kalau ngomongin food combining di tengah pesta, bisa dipelototin....hehehe ... lagi enak-enak mencicipi makanan kok dikuliahi .....
yang mau ngintip apa itu food combining, silakan kunjungi web site nya http://www.foodcombiningways.com 
Siapa tahu cocok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...