Jumat, 05 Agustus 2016

BELITONG - LASKAR PELANGI - ANDREA HIRATA

posisi Belitong dalam peta Indonesia
Belitung atau Belitong dalam bahasa setempat, atau dulu dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata, di sebelah utara dibatasi oleh Laut Cina Selatan. Tepatnya, Belitong berada di perairan antara Sumatera dan Kalimantan, yang dahulu kala masuk ke wilayah provinsi Sumatera Selatan..... 
***
Andrea Hirata adalah pahlawan bagi masyarakat Belitong.... begitu pernyataan Herry sang pemandu wisata. Berlebihan...? Rasanya tidak sama sekali. Berkat cerita yang dituliskannya dan diterbitkan dalam bentuk buku berjudul LASKAR PELANGI, maka dimulai dengan para pecinta buku, kemudian setelah didahului dengan promosi masif dan beredarnya film Laskar Pelangi, seluruh mata mulai memandang tanah belitong sebagai tujuan wisata alam yang sangat indah di bumi Indonesia.  
Sejak dulu, pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Tetapi ..... siapa yang pernah meliriknya dan berminat mengunjunginya, kecuali para pekerja (staff dab karyawan) tambang Timah? Itupun mungkin dengan sangat terpaksa bertempat tinggal di pulau kecil di tengah laut luas, karena kebutuhan dasar manusia.... Memenuhi hajat hidup dalam mencari uang, bekal pembeli sesuap nasi....

Setelah pemisahan dengan provinsi Sumatera Selatan menjadi provinsi Bangka - Belitung (BABEL), Belitung kemudian terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar namun kota utama pulau Belitong adalah Tanjung Pandan. Disitu pula letak bandar udara H.AS Hananjudin. Sebagian besar penduduk, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah. Usaha pertambangan timah sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda. Penduduk Pulau Belitung umumnya adalah suku Melayu (bertutur dengan dialek Belitung) dan keturunan Tionghoa Hokkien dan Hakka.
Belitong sempat menjadi perhatian masyarakat ibukota, utamanya mereka yang bergerak di bidang pemerintahan dan politik, tatkala seorang dari etnis Cina berhasil menjadi bupati Belitong Timur dan kemudian berusaha untuk maju menjadi calon gubernur Bangka Belitung dan .... sudah kita ketahui kemudian, gagal dalam pemilihan. Bagi sang calon, mungkin ini adalah suatu blessing in disguise, karena akhirnya dia menjadi orang nomor satu di ibukota negara.

Sampai disinipun, perhatian masyarakat ke wilayah Belitong masih relatif "adem-adem saja" .... berlalu bersama angin dan waktu... sampai kemudian, masyarakat terutama para pencinta buku tergugah dengan cerita tentang bocah anak kuli tambang timah bernama Ikal yang dengan teman-temannya yang merupakan generasi terakhir dari SD Muhamadiyah Gantong beserta ibu guru Muslimah. Buku karangan Andrea Hirata Seman yang diperkirakan sebagai "true story" pengarangnya melalui sosok Ikal menjadi sangat fenomenal sekaligus juga mengantarkan ibu guru Muslimah yang sederhana menjadi tokoh pendidik panutan. Media ramai memberitakannya bahkan Kick Andy mengundang Andrea Hirata beberapa kali ke studionya, salah satunya juga menyertakan teman2 dan ibu guru Muslimah.
Kisah inspiratif ini kemudian diangkat ke dalam sebuah film besutan Miles Film dengan sutradara Riri Riza dengan judul sama, yaitu LASKAR PELANGI yang juga menjadi sangat fenomenal dengan raihan penonton tertinggi hingga kini. Film inilah yang kemudian berjasa mengangkat keindahan alam Belitong dengan segala budaya yang berbalut dengan romantisme cerita anak kampung Gantong.
Sejak itulah keindahan alam Belitong dikenal "orang luar" dan mulai diburu sebagai tujuan wisata "baru" yang mengangkat pamor wisata serta meningkatkan perekonomian Belitong. Jadi memang sangat tidak berlebihan bila masyarakat setempat menganggap bahwa Andrea Hirata adalah pahlawan masyarakat Belitong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...