Kamis, 02 November 2006

Ada yang bisa bantu?

Libur akhir tahun tinggal 7 minggu lagi. Dan so pasti ... transportasi akan menjadi masalah besar Maklum peak season. Kami berencana untuk menghabiskan libur akhir tahun ini dengan mengunjungi daerah tujuan wisata domestik ketimbang berwisata keluar negeri. Alasan pertama tentu "dana" yang perlu disediakan. Rasanya agak konyol juga kalau kerja digaji dengan rupiah tapi pengeluarannya dalam mata uang asing. Kan namanya "memperkaya orang lain" ... Hehehe... sepertinya idealis banget ya... Alasan lainnya tentu karena alam Indonesia itu sesungguhnya sangat indah, dan kebanyakan masih alamiah. Saking alamiahnya... fasilitasnyapun (kecuali Bali) seadanya. Tapi ... kalau kita sendiri tidak mau mengunjunginya seraya mengembangkan wisata lokal, bagaimana kita bisa mempromosikannya pada orang lain...? Jadi, nggak ada salahnya mengunjungi tanah air sendiri, kan?

Nah niat baik itu diawali dengan omong-omong dirumah, memadukan keinginan, daerah wisata mana yang kali ini akan dikunjungi. Setelah mempertimbangkan berbagai alasan, keputusan akhir adalah mengunjungi Sumatera Barat. Alasan pertama karena alamnya indah, makanannya enak dan bersih (terutama dalam urusan kamar kecil). Apalagi, ibu saya berasal dari daerah ini. Jadi nggak ada salahnya kalah anak/cucunya kenal atau minimal pernah menginjak tanah leluhur.

Kami sudah pernah mengunjunginya ... 15 tahun yang lalu. Hehehe... lama banget ya. Nah untuk mempersiapkan rencana itu, saya menghubungi biro perjalanan. Menanyakan kalau-kalau mereka memiliki inbound tour ke Sumatera Barat dengan base di Bukittinggi. Satu biro perjalanan dihubungi ... dua.... tiga... empat ... semua menjawab tidak menyediakan inbound tour kecuali ke Bali. Baru yang kelima ini menjawab mereka bisa menyediakan paket wisata ke Sumatera Barat. Itupun baru janji .... karena mereka harus menghubungi mitra kerjanya di Padang kalau-kalau bisa memberika special offer pada akhir tahun tersebut. Nggak janji judulnya.... Mereka cuma minta nama dan no telpon saya dengan janji akan menghubungi kembali.

Saat ini sudah hampir satu minggu, belum ada kabar berita dari biro perjalanan tersebut... Niat nggak ya mereka menindak lanjuti permintaan saya itu? Aduh ... kalau begini cara penanganan wisata dalam negeri, pantas saja kalau pariwisata Indonesia nggak pernah maju. Masa saya harus berwisata keluar negeri sih ...? Sementara negeri sendri yang kono surganya dunia ini (karena keindahan alamnya) tersia-siakan...?

Ada yang bisa bantu kemana saya harus mencari biro perjalanan yang bisa menyediakan inbound tour?

*****

Vacances de fin d'annee vont arriver dans 6 semaines. Le transportation, sans doute serais notre premiere preoccupation dans le cas ou nous voulons organiser le voyage.

Pour cette fin d'annee, nous avons decide de passer  les vacances pour visiter Sumatera Barat (ouest) voir Bukittinggi, plutot que visiter des pays etrangers. Il y a plusieur raisons, pourquoi nous sommes arrive a cette decision. Premierement, c'est la question de budget. Il me semble ridicule qu'en gagnant la vie en rupee et puis depenser tous en billet etranger. Alors pourquoi de ne pas en depenser en pays, plutot que d'enricher les etrangers. Et puis. Indonesie est un beau pays, possedant des paysages et forets naturel. Les repas traditionels du pays sont tres bons et a Sumatera Ouest, les toilets sont propres (ce qui est indispensable pour moi). D'ailleur, ma mere est de l'origine.

Voila donc, j'ai essaye de contacter l'agence de voyage .. un, deux, trois, quatre et finalement ce n'est que le 5eme qui puisse me satisfaire en repondant qu'il peut nous arranger le voyage a condition que leur partenaire a Bukittinggi sont pret. Helas... une semaine a passe et je n'ai aucun repond. Ni appel telephonic, ni brochure recu ...

Bon .... bon... bon ... voila la reponse, pourquoi le tourisme indonesien ne jamais se developpe en bon direction ...Persone n'en s'occupe, ...

4 komentar:

  1. Mbak Lina...kebetulan aku ikut milis Jalan Sutranya Pak Bondan Winarno (Kompas)

    Sekarang sedang rekrut peserta tour ke Sumbar, siapa tahu cocok....:


    Sekeping Pesona Sumatra Barat
    Kamis, 30 November 2006 - Minggu, 3 Desember 2006.
    Penginapan: Novotel Bukittinggi, Nuansa Maninjau dan
    Bumi Minang.
    Harga (tiket pesawat, hotel, makan pagi, siang dan
    malam):
    Rp. 3.200.000 / orang
    Untuk anggota KJS, ada harga khusus lho: Rp. 3.000.000
    / orang
    Pendaftaran: daftartourjs@ yahoo.co. id

    (daftartourjs/ at/yahoo/ dot/co/dot/ id).
    Untuk anggota KJS, jangan lupa cantumkan nomer anggota
    anda (lihat di
    www.jalansutra. or.id)
    Nama anda akan masuk ke daftar peserta setelah
    melakukan pembayaran
    sebesar minimal Rp. 500,000 (lima ratus ribu rupiah)
    ke BCA KCP
    Setiabudi Atrium Acc. Christine NT Bawole No. 766 013
    2095
    Sisa pembayaran ditunggu sampai 20 November 2006, jam
    17.00 WIB.

    Pertanyaan dan informasi lainnya, silakan e-mail ke:
    koperasijs@yahoo. co.id

    (koperasijs/ at/yahoo/ dot/co/dot/ id)

    Lemang tapai sarikayo,
    Jalan-jalan yoo....

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya... Sayang waktunya kurang cocok. Saya rencana ke Sum-bar liburan akhir tahun.. (libur natal), mengisi liburan anak.
    btw terimakasih infonya. Mungkin saya mesti ikut milis jalan sutra biar dapat info jalan2

    BalasHapus
  3. aku ada bude kartu namanya org jelajah nusatra, nanti aku cariin yah, aku sms aja gmn?smoga waktunya cocok...slamat berlibur !!!!

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...