Selasa, 04 Maret 2008

Bumbu dapur dan bumbu pernikahan.

Resepsi pernikahan, kerap jadi ajang untuk menyebarkan gossip. Nggak percaya? Coba deh sesekali “nguping” pembicaraan orang atau kita ikutan nimbrung dengan sekumpulan ibu-ibu yang lagi ngobrol. Pasti dapat banyak info tentang banyak hal. Nggak kalah dengan infotainment yang setiap hari ditayangkan di tv. Mungkin itu juga yang menyebabkan tayangan tersebut laku keras di seluruh stasiun tv Indonesia.
Nah, dalam suatu kesempatan resepsi pernikahan di sebuah hotel berbintang di Jakarta, sambil mencicipi hidangan, seorang kenalan menggamit lengan saya;
“Dik … kamu lihat lelaki itu?” tanyanya sambil menunjuk seorang lelaki muda sekitar umur 30an yang berdiri tidak jauh dari tempat kami. Dia berdiri dengan seorang perempuan muda yang manis parasnya, ramping dan lumayan tinggi. Sungguh sepadan dengan lelaki yang berdiri di sampingnya.
“Ya… ada apa gerangan?”
“Adik, kalau belanja bulanan atau belanja bumbu-bumbu dapur biasanya dimana?, tanyanya lagi.
Bingung saya. Dari pertanyaan tentang seorang lelaki muda kok tiba-tiba beralih menjadi pertanyaan seputar belanja bulanan dan bumbu dapur.
“Saya biasa belanja bulanan di Makro, mbak. Kalau ada kekurangan biasanya belanja di Carrefour. Tapi seminggu sekali saya ke pasar tradisional kok. Belanja sayur-mayur dan bumbu dapur”, jawab saya sambil bertanya-tanya dalam hati, kearah mana pembicaraan akan berjalan.
“Lelaki itu datang sendiri dik … Tidak dengan istrinya”.
“Lho… jadi perempuan itu bukan istrinya?, tanya saya sambil menunjuk perempuan yang berdiri di sampingnya.
“Bukan…. Mungkin cuma kebetulan berdiri berdekatan atau mungkin teman sekolah jaman mahasiswa dulu. Atau jangan-jangan ttm….”,
“Ah, si mbak ada-ada saja ….. Gossip nih ceritanya…?”, canda saya. Nggak enak juga kalau terlihat curious. Biar si mbak aja meneruskan gossip nya… Pasti dia ingin sekali “menyebarkan” pengetahuan sosialnya itu.
“Lelaki itu sudah beberapa minggu kembali ke rumah orangtuanya.” Lanjutnya : “Tak tahan dengan perilaku istrinya….”
“Ah… pertengkaran suami istri kan biasa. Namanya juga manusia yang berasal dari dua keluarga yang berbeda. Pasti ada hal-hal yang masih harus disatukan. Anak muda jaman sekarang terlalu membesar-besarkan masalah”, sahut saya berusaha menetralkan suasana.
“Yang satu ini beda dik … Bayangkan saja, istrinya itu, masa belanja merica, jahe, lengkuas, segala macam harus ke Bangkok” katanya berapi-api sambil menyebutkan segala macam jenis bumbu dapur.
“Hahaha… si mbak ini ada-ada saja. Orang Indonesia berwisata ke Bangkok itu sudah jadi cerita rutin mbak. Nggak ada yang aneh. Tapi ya jangan ditambah-tambahin gitu lho…. Masa iya, belanja bumbu dapur mesti ke Bangkok. Kan namanya kebangetan si mbak ini”
“Nah… kebangetan, kan katamu tadi? Ya memang kebangetan si istri itu…. Makanya suaminya ampun-ampunan deh… Bayangkan... dikasi uang belanja berapa saja, nggak pernah cukup. Ludes seketika. Lha… wong tiap minggu de’e pergi dolanan ke Bangkok sama mbok’e… Apa nggak mumet suaminya” lanjut si mbak.
“ ?!?!?!?!....”
Entah darimana si mbak dapat cerita itu. Entah apakah dia kenal betul dengan lelaki muda atau istrinya atau sebatas kabar angin.
Orang Indonesia, tatkala berada di luar negeri, memang terkenal doyan belanja. Segala macam benda diburu…. Apalagi barang-barang end of season’s sale. Namun mendengar kabar ada segelintir orang Indonesia yang belanja bumbu dapurnya harus ke Bangkok, benar-benar absurd. Apalagi kalau kemudian peristiwa ini bisa memicu perpisahan dengan suami/istri. Wadaw... sungguh tak masuk akal.

12 komentar:

  1. Hahaha kisah di atas emang 'ada-ada aja' :). TFS lho mbak...
    Btw mbak punya lagunya Celine Dion ga yg Sous le vent? upload dong mbak atao punya link utk down loadnya? :)

    BalasHapus
  2. sudah uploaded bulan Juli 2006 kok... Celine Dion (en francais). Coba klik di music, cari deh... Saya sudah cek ke situ

    BalasHapus
  3. Kalo emang benar...emang kebangetan...aneh gitu lho.....
    Paling juga gosip he....he...he....

    BalasHapus
  4. Yup... semoga cuma gosip aja...

    BalasHapus
  5. Tapi bener lho... Masya ada tetanggaku yg katanya mayonaise di indo gak enak, harus beli di s'pore (@_@)
    gak sekalian beli di france ajah?? :))

    BalasHapus
  6. Kalo gitu..., cerita si mbak itu bisa jadi bukan gosip ya Jean? Aduh... ada2 aja ya gaya hidup orang kaya. Entah karena rasa makanan/bumbu yang ada di Indonesia yang kurang enak atau karena snobisme ya. Biar dianggap masuk kalangan jetset, gitu... hehehe

    BalasHapus
  7. untung aku miskin, jadi masih bisa & seneng nikmati makanan Indonesia yg kaya cita rasa & nyaaam maknyus.. :D

    BalasHapus
  8. paling bisa kamu Jean...! Iya miskin kalo dibandingin sama keluarga cendana. hahaha....nggak ada orang miskin yang mampu jalan2 keliling eropa berbulan-bulan walaupun cuma backpacker

    BalasHapus
  9. Oh gitu ya?? harusnya saya bersyukur pd Tuhan apa yg udah dianugerahkan ^_^
    tapi belom kaya, (gak pernah puas, tamak sih :D)
    hidup kan cuma sekali, jadi yah dipaksakan puaskan kesenangan pribadi dulu, he he..

    BalasHapus
  10. jangan-jangan yang dicari di bangkok bukan merica sama janhenya, tapi yang jual merica dan jahenya. He he nambah-nambahin gossip nih biar tambah rame! Kalo gak rame bukan gossip namanya!

    BalasHapus
  11. JAngan dong...
    Bagusnya BALANCE, untuk kepuasan pribadi sekaligus beramal/berbuat kebaikan untuk orang lain

    BalasHapus
  12. Bisa jadi....
    Memang yang jual merica dan jahe di Bangkok, lelaki ya?

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...