Senin, 23 Juni 2008

Empress Orchid


Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Biographies & Memoirs
Author:Anchee Min
Anchee Min, melakukan riset yang cukup panjang untuk mendeskripsikan karakter manusia maupun budaya Cina pada abad ke 19, termasuk melakukan riset pada kepustakaan di Kota terlarang. Buku Empress Orchid membawa kita untuk mengenal lebih jauh Kekaisaran Cina pada abad pertengahan 19, masuknya orang asing (Inggris, Perancis dan Rusia) ke Cina. Saya juga baru tahu bahwa Vladivostok semula adalah bagian dari Cina (Ketahuan... buka penikmat sejarah dunia).

Cerita Empress Orchid dimulai dengan perjalanan keluarga Yehonala membawa peti mati sang kepala keluarga ke Beijing untuk dimakamkan selayaknya. Perjalanan yang melelahkan dan menghabiskan seluruh kekayaan keluarga. Tiba di Beijing dan tinggal di rumah pamannya, membuat anak-beranak hidup prihatin.

Sementara itu, kekaisaran Cina sedang mencari permaisuri dan selir bagi kaisar Hsien Feng. Penguasa Cina yang berasal dari Manchuria, tentu mensyaratkan seluruh perempuan Manchu untuk melamar. Orchid - Yehonala pun melamar, sekaligus untuk menghindari perjodohannya dengan Ping, anak sang paman yang idiot.

Beruntung Orchid berhasil menjadi selir ke 4 kaisar Hsien Feng. Mulai saat itu dia masuk ke dalam intrik politik dan kekuasaan kota terlarang. Kepala kasim Shim menjadi orang yang sangat berkuasa untuk menentukan apakah seorang selir mendapat kehormatan untuk memperoleh "benih" putra surga. Mendapat benih dan kalau mungkin memberikan putra kaisar yang nota bene akan menjadi calon kaisar Cina akan menempatkan si ibu setara dengan permaisuri Nuharoo.

Dengan berbagai usaha, Orchid akhirnya beruntung bisa naik ke ranjang kaisar dan menjelma menjadi selir kesayangan kaisar. Orchid bahkan mempersembahkan kelahiran satu2nya putra kaisar. Kelahiran putra kaisar ternyata makin membuatnya terbelit dalam berbagai intrik politik kerajaan. Apalagi, kaisar ternyata sangat lemah dan mulai sakit-sakitan. Perjuangan Orchid untuk bertahan dalam badai intrik dan kekuasaan di Kota Terlarang dilukiskan sangat detail dan membuat pembaca serasa mengulang dan menggali kembali pelajaran sejarah Cina dalam versi fiksi.

2 komentar:

  1. koleksi anchee min ya mbak?

    * Katherine (1995)
    * Becoming Madame Mao (2001)
    * Wild Ginger (2002)
    * Empress Orchid (2004)
    * The Last Empress (2007)

    tuh punya semua buku dia?

    BalasHapus
  2. saya cuma punya 3. Katherine dan Wild Ginger belum punya. Becoming Mme Mao belum tamat. Menurut saya nggak begitu bagus dibanding 2 buku tentang Empress. Atau mungkin memang kehidupan Mme Mao memang membosankan

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...