Sabtu, 02 Agustus 2008

The Last Empress

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Biographies & Memoirs
Author:Anchee Min
Buku ini menceritakan kelanjutan perjalanan hidup empress Orchid alias Tsu Zi - Yehonala dalam "menjaga" keberadaan dan kedaulatan kursi kekaisaran China setelah wafatnya Kaisar Hsien Feng.

Sang putra surga - Hsien Feng hanya memiliki satu anak lelaki dari 7 selirnya yaitu dari Yehonala dan satu lagi anak perempuan dari selirnya. Sementara dari permaisuri Nuharoo dan hampir 3.000 orang penghuni haremnya Hsien Feng tidak memiliki anak lagi.

Pertarungan kekuasaan sudah dimulai sejak sakitnya Hsien Feng, seluruh penghuni kerajaan mulai berkasak kusuk mengenai calon pengganti Kaisar. Dengan berbagai cara akhirnya Orchid berhasil "mendapat" mandat kaisar yang menetapkan anaknya yang masih balita sebagai kaisar pengganti sekaligus menetapkan Nuharoo dan Yehonala sebagai wali.

Namun sayang sang kaisar tidak berumur panjang dan dia meninggal dunia tanpa meninggalkan keturunan. Kaisar CIna kemudian digantikan oleh Guang Hsu yang juga masih di bawah umur. Pada masa ini pengaruh asing (Inggris, Perancis, Amerika, Rusia serta Jepang) semakin menguat.

---

Aduh, sorry cape nulisnya. Baca aja deh bukunya. Lumayan bagus untuk menambah pengetahuan mengenai CHina.

3 komentar:

  1. kayanya ada filmnya ya buku ini.. dah baca lama banget deh sampe lupa sinopsisnya gimana..

    BalasHapus
  2. yang ada film nya itu ttg Puyi (the Last Emperor) si Empress ini adalah ibu suri yang meninggal di awal film itu lho,

    BalasHapus
  3. eh iya lupa.. puyi.. ingetan mbaklina hebat ya..

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...