Kamis, 16 Oktober 2008

Tiens .... J'ai gagne....!!!

Usai shalat ashar, saya lihat ada missed call. Nomornya, entah memang mata saya yang ngaco atau memang itu nomor hunting, kira-kira tebakan saya dari bank yang biasa berhubungan dengan saya.

Lalu saya coba call back, karena beberapa hari yang lalu mereka pernah menghubungi saya, tapi nggak sempat ngomong karena saya lagi rapat.. Tapi nomor hunting kalo di called back, suka tulalit. Lagi coba-coba call back, tiba-tiba keliatan lagi telpon masuk.... Rupanya yang nelpon bukan dari bank.

"Allo madame, c'est Syarah de CCF....!"
"Tiens... c'est un grand surprise! Quelque chose de speciale?"
"Oui madame.... vous etes invitee a la soiree a 7heure au CCF Wijaya...?"
"Ha..., ada apa....?"
"Vous avez gagne le prix ..... viens donc assister a la soiree...!"

Kaget dan nggak percaya. Walah..... kok bisa ya....?
***

Hari sabtu yang lalu, kursus pertama setelah libur lebaran. Pagi itu, baru ada 3 orang yang masuk. Saya, Raihana yang cantik dan sangat fasih berbahasa perancis dan Hanum. Mr Nuryadin sang guru, masuk kelas, seperti biasa membawa setumpuk kertas.

"Vous etes invitee au concours Lire en Fete...., Allez donc ecrire une carte postale. La scene se deroule au chateau . Vous etes invite au chateau et quelque chose etrange se passé pendant la nuit et vous racontez au amis ou parents de ce qui se passait"

Waduh….. mati deh!!! Kelas kami, walaupun kelas “ paling tinggi” di CCF, yaitu kelas Conversation alias kelas percakapan, kalau nggak hati-hati malah memudarkan kemampuan menulis dan membaca dalam bahasa perancis.

Kegiatan hariannya adalah dikasi text, terus baca dan diskusi. Kalo gurunya lagi inget, murid disuruh baca satu persatu, baru diskusi. Nggak pernah ada latihan menulis atau latihan grammaire. Kegiatannya lebih banyak omong-omong dengan tata bahasa yang kacau balau, yang penting ngomong, maka lama kelamaan, peserta jadi kehilangan kemampuan untuk menata percakapan dengan baik dan benar. Orang-orang yang takut salah omong, jadi pasif. Apalagi kalau si guru nggak pinter memancing percakapan.

Nah, karena situasinya begitu, semua orang paling takut kalo disuruh nulis. Apalagi saya yang relatif tidak belajar bahasa perancis secara terstruktur dengan baik. Sejak selesai belajar “serius dan intensif” selama satu tahun serta berjibaku di negeri dan eranya Valerie Giscard d’Estaing dan Francois Mitterrand, dulu banget, saya sudah nggak pernah megang livre de la conjugaison (Becherelle?) atau Petit Robert yang walaupun namanya Petit alias kecil, tapi kamus bahasa perancis ini tebalnya minta ampun.

Saya memang pemalas deh, kalo disuruh buka kamus. Itu sebabnya vocabulaires saya nggak pernah nambah.Akibatnya juga jadi nggak tambah pinter walau bertahun-tahun kemudian masuk kelas dan belajar lagi ke CCF lagi.

Balik ke kelas lagi…Jadi waktu mr. Nuryadin minta 3 orang muridnya yang udah datang untuk, ecek-ecek, bikin cerita di carte postale, ketiganya jadi “nyureng”…. Rada-rada males, gitu loh! Kebayang deh, mesti muter otak, apa yang mesti diceritain. Ntar grammaire nya. Gimana conjugaison nya. Halah… ribet deh!

Tapi Mr Nuryadin sudah dengan semangat bawain murid-muridnya 3 buah Petit Robert. Siapa tahu diperlukan untuk bantu cari vocabulaire.
***

Sore tadi dalam soiree a la francaise, Michelle Koeswoyo, yang ini asli perempuan Perancis yang menikah dengan Yok Koeswoyo (Koes Plus) membagikan hadiah. Lumayanlah… ada tshirt nya CCF warna biru, terus bukunya Henry Cartier Bresson dan Marie NDiaye, ada 2 CD lagu berbahasa perancis, pin dan ballpoint. Peserta yang memang sekaligus diminta membacakan isi carte postale nya.

Mungkin, keberuntungan saya, karena sudah terbiasa nulis cerita harian, jadi isinya lumayan panjang dibandingkan dengan 2 teman muda di kelas..Karena, memang, menuangkan isi kepala ke dalam bentuk tulisan ternyata nggak mudah. Jadi kalau kita nggak terbiasa menulis dalam bahasa ibu, bagaimana mungkin kita menulis dalam bahasa asing, yang tingkat kesulitannya tentu lebih tinggi.

Saya sih ikut petunjuk suami aja. Nulis itu modalnya memang nekat aja. Menulis, jangan peduli sama yang namanya tatabahasa dan orthographe nya deh. Kalo yang begitu dipikir duluan, pasti nggak akan jadi tulisan. Jadi, dengan modal nekat seperti itu, memang nggak nyangka kalo ternyata tulisan saya dapat penghargaan pertama untuk kelas conversation.

Atau mungkin, memang sudah sepantasnya dapat … kalo nggak dapat juga, buat apa les setiap hari sabtu ditambah lagi udah sempat nyebur di negaranya langsung...Tapi, bisa jadi karena anak-anak muda yang pinter-pinter ngomong bahasa Perancis itu sudah berhenti semua. Nggak kursus lagi. Yang masih ada, yang bloon, bolot and tuwir-tuwir semua. Jadi. saya  menang karena sedikit lebih pinter dari yang lainlah... Bukan karena tulisan/ceritanya bagus.

En tous cas, merci pour le cadeau, Michelle!

-----
Hallo, ibu, ini Syarah dari CCF
Wah, kejutan nih, ada yang special?
Ya bu, anda diundang pada acara sore ini jam 7 di CCF
Anda menang … Ayo dong hadir pada acara nanti
Anda diminta ikut serta dalam acara “lire en Fete”. Menulis kartu pos. Cerita berlangsung di kastil. Anda diundang menginap di sana dan sesuatu yang aneh terjadi pada malam hari. Lalu anda menceritakannya kepada teman atau orangtua apa yang terjadi di sana.

5 komentar:

  1. La madame de félicitation, peut-être vous pouvez faire une conversation avec ma femme puisque elle a besoin de pratiquer sa France aussi.

    BalasHapus
  2. Merci Irvan,
    et toi donc, t'en as pas besoin?

    BalasHapus
  3. Je ne peux pas parler la France. seulement ma femme parle France à la maisoin. donc si vous voulez parler en France, le faites avec elle, la madame.

    BalasHapus
  4. Ah...c'est bien!

    Moi, ya udah deh...lupa nih parle francais gara-gara udah empat bulan nggak kursus lagi di CCF. Kangen juga...

    BalasHapus
  5. gimana kalo kita bikin kelas bahasa perancis buat alumni? kan banyak tuh yang lulusan perancis juga

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...