Selasa, 11 November 2008

Facebook .... Manfaatnya apa sih?

Hari Kamis dan Jum'at minggu lalu, karena demam dan badan sakit-sakit sampe nggak bisa bangun, saya terpaksa bolos kantor, dengan pesan kalau ada yang urgent, saya bisa diminta kerja via internet. Yang penting di sms/telpon dulu sebelumnya.

Karena aktifitas selama bolos kantor alias a very long week-end holiday itu hanya tidur dan pijat saja, maka saya punya banyak waktu luang untuk browsing. Dari buka-buka email yang lama di outlook, ternyata ada banyak undangan untuk bergabung di Facebook-FB yang saya diamkan.

Seperti biasa, saya selalu "ketinggalan". Bukan apa-apa ... setelah pernah nyangkut di FS lalu Yahoo360 yang keduanya sudah di delete, saya merasa males untuk banyak ikut ini-itu di dunia maya. Merasa nggak enak aja kalo kehilangan privasi terlalu banyak. Tapi karena penasaran dengan kemenangan Obama yang konon salah satunya karena dukungan social networking via FB, saya jadi penasaran juga untuk akhirnya menerima undangan yang pernah masuk.

Usai sign up dan sign in, saya mulai browsing ... ingin tahu bagaimana profil jaringan sosial a la FB ini. Wah... ternyata heboh banget... (hihihi.... norak deh gue...!!!)

Ternyata, Social Networking a la FB itu, menurut saya bisa di kategorikan 4;

  1. jaringan untuk mengumpulkan anggota keluarga yang tercerai berai untuk membentuk Family tree. Yah... bagus-bagus ajalah.... Kenapa enggak? Kan dalam Islam juga kita dianjurkan untuk membentuk dan menautkan tali silaturahmi terutama dengan keluarga.
  2. Untuk membangun jaringan pertemanan (reuni) dengan teman-teman lama yang berasal dari satu daerah, satu sekolah atau satu organisasi.
  3. Untuk membangun jaringan baru dengan orang-orang yang memiliki kepentingan, hobby yang sama.
  4. Nah... ternyata ada juga yang ternyata jaringannya berisi selebrities. Apakah itu berasal dari kalangan dunia hiburan, model, artis bahkan kalangan penggiat LSM, politikus dll.... Entah apakah mereka betul-betul saling kenal atau ......
Jujur saja, saya belum tahu apakah FB ini akan terus berlanjut atau nasibnya akan berakhir seperti FS ... di delete setelah beberapa waktu. Sementara ini saya cuma ingin ketemu teman-teman lama dengan niat menautkan kembali tali silaturahmi yang selama ini sempat terputus.

Adakah yang bisa menjelaskan manfaat lain dari keikutsertaan dalam FB?

20 komentar:

  1. yah kalo saya sih buat ngumpulin kenalan aja mbak. gak ada keperluan lain. karena di fb profilnya lebih update. berarti orangnya masih idup. kalo fs kan kadang jarang ditengok. jadi sbg piranti komunikasi aja. buat ngabsen.

    BalasHapus
  2. hehehe... ketauan deh... punya FB ya....

    BalasHapus
  3. yg jelas gara2 FB saya bisa lebih 'merasa' mengenal mbak Lina dibanding di MP.. he he...
    manfaat FB bagi saya baru kategori 1 sampai 3. yg no 4 gak deh... takut diajak jadi seleb juga.. ha ha..

    BalasHapus
  4. jadi sering reuni gara2 nemu teman lama via fb, juga nostalgia dr foto2 yg diupload teman2 lama

    BalasHapus
  5. koq samaan kita ya bu? dari awal males banget ikutan FB, krn temen mulai banyak yg ngomongin, baruuu kemarin akhirnya nyoba sign up...tapi masih ga ngerti banyak...hehehee

    BalasHapus
  6. Iya juga sih... saya banyak ketemu temen yang udah lama nggak ketemu

    BalasHapus
  7. Wah.....? Serius nih?
    KAlo gitu mesti banyak saringannya dong ya... Biar nggak ketauan jeleknya (emang santan, mesti disaring...?)

    BalasHapus
  8. oh gitu ya...?
    Sayang saya agak careless sama foto2 lama

    BalasHapus
  9. sama dong... saya juga masih sering bingung

    BalasHapus
  10. hehehe sama mbak...saya juga paling telat deh soal FB...undangan temen2 dah dari dulu, baru aja diaccept setelah penasaran banget, lha wong MP aja ga rutin banget ngurusinnya...

    BalasHapus
  11. Bener tuh... nambah kerepotan ya...
    Tapi sebetulnya tergantung kita juga sih, kalo gak maniak, mungkin OK aja gitu

    BalasHapus
  12. manfaat nyata, karena fb, jadi bisa nulis di mp :)

    BalasHapus
  13. Hehe... yang satu ini karena lagi kurang kerjaan, kalee

    BalasHapus
  14. He..he... dalam 2 bulan kekumpul tu temen2 dari sd ampe univ dan juga temen sekost kaya irvan hingga lebih dari 750 orang..awalnya agak ribet... dan jd banyak banget terima email... tapi ternyata bisa diatur.. hingga tidak perlu ada email yang masuk karena toh kita periksa perkembangan FB cukup di FB saja...
    Banyak aplikasi yang lucu2 hingga yang serius seperti 6 Degrees of Separation .. saya udah undang Mbak untuk bergabung...
    Sampai ketemu ya....

    BalasHapus
  15. wah, gaul banget ya....
    Cuma repotnya, saya itu banyak di daerah (Garut - Karawang - Jambi - Lyon - Poitiers - Stains) dan masuk generasi jadoel lagi. Jadi kebayang deh ... gak bakal banyak ketemu. Minggu lalu aja ada teman lama nelpon ... aku bilangin ... Join aja ke multiply atau FB... dia coba2 terus semalam dia sms balik... UDAH AH, NYERAH GUE .... Walah... dasar generasi jadoel

    BalasHapus
  16. asyik......sdh buka fb, kalau aku sih awalnya hanya krn tmn2 ktr aja yg maksain....., jd kl fb lebih ke temen aja...:) kalau aku.

    BalasHapus
  17. Setuju ....
    CAri teman-teman lama, bukan asal banyak-banyakan teman

    BalasHapus
  18. Ikutan rembug nih....

    Trus trang baru 2 hari ini membuka facebook, dan register karena banyak masuk mail accountku di yahoo. Kayaknya kita sama deh... belum ngeh...manfaatnya.
    Sampai saat ini masih berpegang pada blog seperti multiply yang sifatnya informatif, kirim2 lagu, video dll.

    Saya lihat banyak selebriti masuk FB, trus banyak profil foto berseliweran minta dijadikan temen ( meskipun dlm hati bilang siapa sih Loe...). Trus bingung deh mesti diapain ? Mungkin baru perkenalan kali yah...
    Salah satu Cerita di google sih, karena jaringan luas bisa cari orang hilang tuh....

    BalasHapus
  19. yang pasti, FB bikin orang ketagihan kaya narkoba. Konon penjualan Blackberry di Indonesia naik +/- empatpuluh persen gara-gara pengguna FB

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...