Selasa, 16 Desember 2008

Tongkat Ali; oleh-oleh dari Malaysia

Temanku baru balik dari Malaysia-Singapore nemenin rombongan kantor yang dapat hadiah akhir tahun jalan-jalan ke Malaysia dan Singapore selama 1 minggu sekalian study banding .... Tiru-tiru anggota DPR.

Untuk oleh-oleh, dia ngasi 1 kotak coklat. Kemasannya keren, dan coklatnya seperti gaya Belgium Chocolate yang terkenal enak. Cuma.... mereknya itu lho, nggak enak banget bacanya dan malah bikin orang mengerenyit keningnya.... TONGKAT ALI.

Di kotaknya ada gambar akar, seperti akar ginseng. terus ada keterangannya eurycoma longifolia. Saya pikir, mungkin itu nama latinnya ginseng. OK, 1st impression, coklat itu mengandung ginseng. Bolehlah .... kreatifitas yang patut diacungi jempol. Bikin healthy choco. Jadi ada kekhasannya.

Coklat kan sudah mendunia banget. Coklat Belgia yang bergaya praline, terkenal enaknya. Coklat swiss terkenal karena ada White Choco. Di Italia ada Ferero Rocher. Hampir semua negara punya produk Choco nya. Kalau nggak ada sesuatu yang khas, mana mau kita beli coklat dari suatu negara untuk oleh-oleh.

Di mobil, karena hari ini saya di antar-jemput, setelah menawarkan suami makan coklat tersebut, karena dia memang maniak coklat, saya sempat baca-baca ingredients nya. Barulah terbaca di kotak bagian bawah, ternyata....... Eurycoma Longifolia itu adalah natural herbal yang di Indonesia dikenal sebagai Pasak Bumi......

Walah ........, langsung mules perutku. Udah sih bukan penggemar coklat, aku makan coklat kalo lagi pengen aja dan itu juga pilih-pilih yang enak banget, eh masih mesti ngebayangin bahwa tu coklat mengandung pasak bumi.

Aduh duh ....... Tanpa pasak bumi aja, konon coklat/cacao itu sudah mengandung zat yang bersifat aprodisiak atau meningkatkan gairah seksual. Apalagi kalo ditambah dengan pasak bumi, walah.......!!!

Akhirnya kuteliti bolak-balik kotaknya, kubaca lagi kotak bagian depan. Di bagian bawah.... ada tulisan kecil IMPROVES ENERGY - RAISES ENDURANCE - REDUCES STRESS & ANXIETY.

Tulisan yang di pinggir, improves energy dan reduces stress & anxiety sih, OK lah... seperti yang sudah diduga. Kan ginseng khasiatnya memang begitu, tapi ... Raises Endurance itu lho...... Endurance apaan....? emangnya lomba ketahanan bermotor.....

AYA - AYA WAE....!!!!

update Kamis 18 Des 08,
Kotak coklatnya dibawa suami ke kantor. Katanya dibagi ke dosen DTK - FTUI yang ikutan nguji prakualifikasi S3. Biar dicoba, apa memang ada khasiatnya...

10 komentar:

  1. Itu coklat bermanfaat untuk meningkatkan VITALitas. Tahu 'kan, apa yang saya maksud?

    BalasHapus
  2. Tahu....
    Itu sebabnya perut saya langsung mules....

    BalasHapus
  3. waduh tante.. bahaya :))

    kirim ke Aussie untuk Y dan C aja..

    BalasHapus
  4. Selama tinggal di Malaysia, kamu sudah membuktikan kehandalan/khasiatnya?

    BalasHapus
  5. Walah, aku mah gak macem2 lho Tante :)
    Luruuusss.

    BalasHapus
  6. yach tongkat ali kan udah terkenal dari dulu khasiatnya... kopi tongkat ali juga ada tuch.....
    tapi kalo cewek yang minum tongkat ali, apa yang terjadi ya? mungkin efeknya cuman ke telunjuk aja kali ya.....

    BalasHapus
  7. Amiiiiiinnnnnn
    Percaya kok...!!!
    KAlo boong, juga kan nanggung dosa sendiri... (hahaha)

    BalasHapus
  8. Mana gua tahu kalo pasak bumi di Malaysia disebut tongkat ali?
    Kalo dari awal , didepannya ditulis mengandung pasak bumi (instead of tongkat ali), yang gua udah ngerti duluan, lah...!!!

    BalasHapus
  9. sepertinya dia juga gak gitu "ngeh" atau dia juga nggak sadar kalo pasak bumi dikenal sebagai "obat kuat"
    Waktu saya komplain... dia bilang :"mbak, aku udah tanya penjualnya... katanya aman kok baik buat perempuan maupun anak-anak"

    BalasHapus

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...