Selasa, 10 Januari 2012

Ketika Kulkas sedang bercanda....


Kamis sore kemarin, usai shalat maghrib dan makan malam, Dedeh laporan;
”Bu ... sepertinya kulkas rusak”
”Oh ya, sejak kapan?”, sahutku sambil berjalan ke dapur untuk melihat keadaan kulkas.
”Tadi pagi, jam sepuluh. Waktu saya lagi setrika, tiba-tiba dengar suara kulkas keras banget. Terus saya rapi-rapiin isinya. Siapa tahu, tombolnya tertekan sama isinya. Tapi sejak itu nggak kedengeran suaranya lagi. Lihat deh ... sore ini, semuanya mencair”

Saya melongok isi kulkas. Benar saja, bunga es yang biasanya menutupi bungkus daging, sudah mencair. Untung isinya belum mencair. Lalu saya memintanya untuk ”mengungsikan isi kulkas dapur tersebut ke dua kulkas lainnya yang ada di gudang maupun di ruang makan. Repotnya, ternyata freezer yang digudang penuh. Isinya ikan-ikan mas beku yang beberapa hari sebelumnya menggelepar kepanasan di kolam. Ini ikan hasil pancingan ibu dan adik saya. Saya nggak bisa mengeluarkan isi kulkas tanpa ijin. Kalau sang mbaurekso nggak dikasi tahu, bisa-bisa tanduknya keluar.

Jadi, malam itu saya menelpon ke Bandung, minta ijin mengeluarkan isi freezer. Kebetulan ibuku sedang menjenguk adikku yang tinggal di Bandung. Awalnya diusulkan agar salah satu adik saya itu meminta anaknya datang kerumah mengambil ikan. Tapi mana mau anaknya berurusan dengan ikan-ikan bau amis itu. Cuma iming-iming makan lasagna yang mampu membuat anak-anak abg itu bergegas datang ke lebak bulus, tempat tinggal kami.
”Kalau begitu ... diberikan ke tetangga aja deh... Kalau nggak, nanti ayam dan bakso yang baru saya beli jadi rusak”
”Tunggu. .. tanya mami dulu”.
Ternyata adik saya itu juga nggak berani ambil keputusan.
”Ya sudah ... diatur saja” sahutnya setelah mendapat “restu” dari nyonya rumah.

Segera saja dikeluarkan isi freezer. Ada 12 ekor ikan mas beku. Lumayan, mungkin ada sekitar 5-7 kg berat totalnya. Usai memindahkan isi kulkas dan membersihkannya, malam tadi Dedeh terpaksa berjalan ke beberapa rumah tetangga memberikan ikan mas beku. Entah mimpi apa si tetangga didatangi orang untuk memberikan ikan mas beku.

Pagi tadi ... usai shalat subuh, Dedeh kembali laporan ...:
“Bu .... kulkasnya udah baik lagi..., liat deh sini ...”
Saya kembali ke dapur membuktikan omongan Dedeh
“Kok bisa ya...?”
“Gak tahu deh ... Semalam, kira-kira jam 1 saya terbangun. Suara kulkasnya keras banget seperti waktu pagi. Terus saya masukin aja mangkuk air. Eh tadi waktu saya cek airnya udah beku. Lihat deh tuh ... dingin kan...!” ujarnya, sambil membuka kulkas menunjukkan uap dingin yang mengalir keluar freezer.
”Ya... baguslah... jadi kita gak perlu repot ngebetulin lagi...”
”Tapi ikan mas yang semalam itu, sayang banget ya, bu...”
”Ye ... itu ikan emas emang rejekinya tetangga... Bukan rejeki kita. Makanya Allah cari cara, bagaimana supaya ikan emas itu dikeluarin dari kulkas. Udah jangan disebut-sebut lagi... Ntar ni kulkas rusak lagi lo!!!”

3 November 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...