Kamis, 18 April 2013

Carut Marut Pendidikan Nasional


Ada 2 issue penting dunia pendidikan yang saat ini ramai diperbincangkan masyarakat. Yang pertama adalah ujian akhir nasional yang penyelenggaraan tahun ini Jelek banget deh. Betul-betul jelek sampe nggak abis pikir. Ujian akhir kan bukan terjadi sekarang ini aja... sudah bertahun-tahun dan berulang-ulang.  

Minggu ini, siswa SMA/SMK sedang menempuh Ujian Akhir Nasional. Sayangnya, suasana tenang dan kondusif, pada saat terakhir, rusak gara-gara Kemendiknas sendiri.
Ujian akhir nasional kan sudah rutin setiap tahun. Jadi Kemendiknas mestinya sudah punya manajemen handal yang kerja dengan jadwal terukur. Jadi mestinya nggak ada tuh yang namanya penundaan. 

Bayangkan, ada 11 provinsi terlambat melaksanakan ujian. Alasannya karena ada kendala percetakan, kesalahan pengiriman dan hal lain. Jadi 11 Provinsi yang telat itu, bakal ujian hari Kamis 18 April 2013. Ternyata di provinsi yang melaksanakan ujian tepat waktupun, masih  kekurangan naskah. Jadi masih harus bikin foto copy soal–soal ujian. 

Nah ..... hari ini, 11 Provinsi yang terlambat itu melaksanakan Ujian Akhir. Mulus......? Nggak Juga tuh ....!  Ada yang ujiannya jam 14.00, ada yang jam 16.00 .... di Samarinda malah ada beberapa sekolah yang nggak nerima soal ujian. Nah lo .....?! Untung aja Walikotanya cukup cekatan .... UN di Samarinda ditunda semua ....! Bravo pak Walikota .... Cuma, masalah nggak selesai dengan penundaan! Keterlambatan ini adalah salah satu bentuk pendzaliman terhadap siswa sekolah. 

Anak-anak yang (semoga) sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian akhir, mengalami ketegangan jiwa ..... eh, taunya UN ditunda. Ini kan memperpanjang "penderitaan" jiwa anak-anak/remaja. Frustrasi deh ... bukan siswanya aja, tapi semuanya ....

Segala cara dikerjakan sebagai pembekalan siswa menjelang ujianpun. Ada yang melatih siswa mati-matian dengan soal2 tapi ada juga yang jauh melenceng. Mandi kembanglah, ke dukunlah dan lain-lain. ini kan makin menunjukkan kalau anak-anak itu nggak punya pegangan dan kepercayaan diri. Bukan anak-anaknya aja... Jangan-jangan ortu dan gurunyapun podo wae.... Hadeuh .....!!!!

Itu pejabat Kemendiknas itu punya anak nggak sih? Semuanya juga pernah ngrasain ujian akhir kan? Lupa kali ye, gimana rasanya ngadepin UN. Nggak salah juga kali ya kalau mereka disumpahin abis-abisan sama banyak orang.

Rasanya, dulu-dulu lebih sederhana deh ... Padahal nggak ada peralatan canggih. 
Aneh juga ya ... jaman sudah bisa melaksanakan cetak jarak jauh begini, kok pencetakan harus tersentralisasi. Lupa atau nggak tahu sih kalau transportasi naskah ujian itu masih jadi masalah besar di Indonesia karena kondisi geografi. Sudah jadi rahasia umumlah, kalau ada begitu besarnya disparitas kondisi dan fasilitas sarana prasarana/infra struktur di Indonesia.

Lagipula, UN itu perlu banget nggak sih? Kenapa nggak UAS aja sih ....? Toh kita tahu, kalau mau masuk Universitas, itu angka2 UN juga nggak digubris sama Universitas. Mereka lebih percaya sama hasil test masuknya sendiri. Kita juga tahulah gimana kualitas sekolah maupun kualitas guru dan sekolah di Indonesia. Jangankan membandingkan kualitas sekolah antara Jakarta dengan wilayah Timur Indonesia. Wong sesama sekolah di Jakarta aja, kualitasnya mascam-macam kok....

Ditambah lagi dengan pola pikir materialistis dan budaya instan di masyarakat. Banyak orang sudah nggak peduli sama kualitas, etika, moral. Kecurangan jadi "raja". Kalau dulu, bekal curangnya bikin gebetan, nulis rumus dan contekan dikertas yang digulung atau nulis di tangan, atau paha. Sekarang pake beli soal. Sudah jadi rahasia umum, kecurangan saat jadi kecurangan sistemik. Semua terlibat. Bukan anak-anak peserta ujian aja, tapi juga sudah melibatkan orangtua siswa maupun institusi sekolah dan guru. Kesemuanya demi kelulusan 100%.

Aduh.... nasib bangsaku ini ... Mau dibawa kemana sih masa depan negara ini? Padahal konon Kemendiknas itu adalah Kementrian yang mendapat alokasi APBN terbesar di negeri ini. Mungkin saking besarnya alokasi APBN itu, banyak yang silau dengan deretan angka anggaran, sampe lupa kerja yang bener .... Omong jeleknya, jangan-jangan pada sibuk ngitungin komisi kali ye...?

Kita liat aja... kan menterinya sudah sesumbar ..."Kalau ada Korupsi, saya yang bertanggung jawab". Begitu katanya! Nah ..... ayo dong BPK, KPK, ICW .... ayo bergerak....! Mari kita lihat ......., semoga carut marut ini cuma karena human error ... bukan karena hengki pengki dan john toel berseliweran ngrubutin kue proyek bernama Ujian Nasional ....
Ntar dilaknat Tuhan loh...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKAN KARANGAN BUNGA🌺🌺

 Dapat kiriman tulisan yang bagus, untuk refleksi diri DICARI Teman yg bisa  Mensholatkan kita...   Ketika KITA WAFAT... BUKAN KARANGAN BUNG...